68 Views

Minat Baca Anak Indonesia

minat baca

Minat baca anak Indonesia memang masih terbilang rendah, terutama yang berada di kawasan daerah dan pedesaan. Di kawasan perkotaan pun masih sedikit anak-anak Indonesia yang memiliki minat baca yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari contoh orangtuanya yang juga memiliki minat baca yang rendah.

Pihak orangtua sendiri belum menyadari pentingnya budaya baca untuk kebaikan hidup dan kualitas pendidikan, sehingga mereka masih sulit untuk menularkannya kepada anak-anak. Sebab anak-anak umumnya akan terbentuk dari budaya dan tradisi yang dibangun di keluarganya. Bagaimana anak bisa cinta membaca kalau orangtua mereka juga tidak suka baca?

Minat baca anak Indonesia harus ditingkatkan jika ingin meningkatkan pendidikan anak-anak Indonesia secara umum. Membaca adalah jendela dunia, dengan membaca anak-anak akan terbuka cakrawala pikirannya. Usia yang masih muda sangat diperlukan budaya baca yang baik, sebagai bekal intelektual anak setelah dewasa.

Tradisi baca yang baik, yang dibangun sejak kecil akan memberikan kemampuan daya pikir anak berada di atas rata-rata anak seusianya. Artinya membaca secara otomatis bisa meningkatkan intelektualitas anak. Sebab semakin dioptimalkan otak maka akan semakin meningkat intelektualitasnya.

Anak-anak Indonesia perlu didorong minat bacanya, terutama dari lingkungan keluarga dan pihak orang tua. Ciptakan suasana baca yang membudaya di keluarga.

Terkait banyaknya sekolah untuk anak usia dini, tentu kita sebagai orangtua bertanya-tanya, sebenarnya seberapa penting kebutuhan untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini? Anda perlu tahu terlebih dahulu alasan yang umum diberikan orangtua terkait kebutuhan membaca untuk anaknya yang masih balita, seperti:

· Keinginan agar sang buah hati pintar dan mempercepat perkembangan otak

· Keinginan agar sang buah hati memiliki kesibukan dan lebih mudah mengontrol masa depan

· Keinginan supaya sang buah hati lebih mengenali keadaan yang ada di sekelilingnya

Alasan-alasan di atas tidaklah salah, karena setiap orangtua tentu ingin yang terbaik untuk perkembangan sang buah hati. Namun demikian, kita perlu bijaksana dalam upaya biMBA-AIUEO menumbuhkan minat baca pada anak usia balita, dengan cara:

· Menggunakan metode yang tepat untuk anak, yaitu fun learning, small step system, dan individual system.

· Tidak memaksa kehendak anak, apabila anak dipaksa belajar maka anak-anak tumbuh menjadi benci belajar

· biMBA ingin menciptakan anak menjadi seorang pembelajar mandiri sepanjang hayat

· Motivasi minat baca timbul atas keinginan anak sendiri atau intrinsik.

· biMBA fokus pada proses belajar yang menyenangkan bukan pada hasil, karena jika prosesnya sudah menyenangkan tentu hasilnya juga akan memuaskan.(Ern)