1 View

Minat Baca Mulai Tergeser Menonton

Snap 2014-04-22 at 19.22.33
Sumber : http://selvia-zuni.blogspot.com/2013/02/11-penyakit-akibat-menonton-televisi.html

Mengapa minat baca mulai tergeser menonton?

Minat baca masyarakat mulai tergeser oleh budaya menonton karena dirasakan lebih menarik. Kebiasaan membaca mulai dari surat kabar hingga buku-buku populer perlu dipupuk serta ditumbuhkembangkan seluruh lapisan masyarakat. Kebiasaan membaca akan memberi manfaat yang besar karena dapat membuka cakrawala dunia.

“Kearifan utama adalah keluasan cakrawala pikiran dan hati. Dan membaca adalah cara membuka cakrawala dunia,” kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudiant.

Media massa, lanjut dia, turut berperan mengembangkan minat baca masyarakat karena media mampu menembus keterbatasan waktu, jarak dan tempat sehingga terjangkau oleh semua kalangan. “Berita baik ataupun buruk yang ditampilkan dalam media massa dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Herry Zudianto menyatakan, tidak sepenuhnya setuju dengan istilah “bad news is a good news”, karena “good news is good news”. “Jika ada berita negatif, mengapa selalu berada di halaman paling depan, tetapi saat ada berita baik, seringkali dimuat di halaman terakhir,” kata Herry.

Herry menambahkan berita baik ditulis dengan tujuan memberikan motivasi kepada masyarakat, sedangkan berita buruk perlu juga ditulis untuk memberikan kewaspadaan kepada masyarakat. “Inilah sebabnya, media memiliki peran besar untuk membangun nilai di masyarakat,” katanya.(JUM)

http://berita.liputan6.com/sosbud/201001/261472/Minat.Baca.Mulai.Tergeser.Menonton

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache