Multifungsi Pentas Baca biMBA-AIUEO

| September 24, 2013

Semangat Pentas Baca

Sabtu 14 September 2013, biMBA-AIUEO Unit Cipete Selatan mengadakan acara pentas baca yang mempunyai tema “Multifungsi Pentas Baca biMBA-AIUEO, Yakin dan Meyakinkan”.

Acara yang berlangsung dari pukul 10.00-11.30 WIB itu diselenggarakan akibat beragamnya laporan dari orang tua siswa tentang tingginya minat belajar anak di biMBA. Hal ini terlihat dari anak yang mempunyai jadwal bermain di biMBA seminggu 3 kali tapi datang ke biMBA hampir setiap hari. Anak yang lebih memilih bermain dengan modul biMBA, anak yang membaca huruf-huruf di jalan, anak yang maunya hanya belajar di biMBA, sampai orang tua yang cenderung memaksakan anak dalam belajar.

Perlu diketahui bersama, bahwa pemaksaan anak dalam belajar akan berdampak buruk dan bisa menjadi bumerang bagi orang tuanya. Hal ini terjadi dikarenakan pemaksaan anak tersebut akan menyebabkan anak menjadi benci belajar.

Anak usia 0-6 tahun sedang mengalami masa keemasan (Golden Age), yaitu masa ketika input apapun yang diterima anak akan menjadi pondasi bagi kehidupan mereka saat dewasa. Pada acara ini, biMBA juga menyosialisasikan tentang pentingnya pemahaman orang tua, bahwa tidak ada kebenaran tanpa kesabaran, juga betapa pentingnya menumbuhkan minat belajar dibanding sekedar bisa baca di usia dini. Minat belajar ini sesuai dengan motto biMBA. “Anak bisa baca itu biasa, tapi anak memiliki minat belajar, itu baru luar biasa”.

Rangkaian acara pentas baca terdiri atas :

  • Persiapan sebelum acara, meliputi data kemampuan anak, alat peraga, sound system, souvenir, ruangan pentas baca, modul mewarnai;
  • Pentas baca;
  • Testimoni orang tua siswa

Pentas baca perdana biMBA-AIUEO unit Cipete Selatan diadakan setelah 3 bulan unit ini berdiri. Acara dihadiri kurang lebih 100 orang yang terdiri dari 50 anak biMBA Cipete Selatan dan orang tua. Pelaksanaan pentas baca di unit ini akan diagendakan rutin setiap 3 bulan sekali.

Penjabaran dari tema ”Multifungsi Pentas Baca biMBA-AIUEO, Yakin dan Meyakinkan” adalah pentas baca yang merupakan kegiatan belajar bersama di luar kelas sekaligus meyakinkan orang tua dengan hal-hal seperti berikut ini :

  • Melihat semangat dan keberanian belajar anak saat pentas baca;
  • Menyosialisasikan pentingnya minat belajar sejak usia dini;
  • Ajang silaturrahim keluarga besar biMBA-AIUEO Unit Cipete Selatan

Pentas baca semakin seru dengan adanya sesi berbagi yaitu mengenai bahayanya pemaksaan belajar bagi anak. Semua pertanyaan orang tua dijawab dengan penjabaran tentang pentingnya 7 nilai dasar biMBA, sehingga terdapat kesamaan visi dan misi dalam menumbuhkan minat belajar anak sejak usia dini. Pada sesi ini juga ada penekanan pemahaman kepada orang tua bahwa semangat anak dalam membaca dan belajar terjadi karena biMBA bukanlah tempat les baca, melainkan lembaga bimbingan minat baca dan belajar. Upaya untuk terus menumbuhkan dan mempertahankan minat belajar anak dari usia dini sampai dewasa memerlukan proses dan waktu yang disesuaikan dengan tahapan pembelajaran di biMBA.(biMBA Cipete Selatan/Niken)

 Lokasi biMBA Cipete(1)

Keluarga biMBA Cipete Selatan

Antusiasme Orang Tua Menemani Anaknya Pentas Baca

Souvenir Pentas Baca

Mama Satria (kiri), Salah Satu Orang Tua Murid yang Memberikan Testimoni

 

Tags: , ,

Category: BERITA

Comments are closed.