64 Views

Murid biMBA Keturunan Korea Selatan

Billy 1

Setelah mengenal biMBA lewat orang-orang sekitar, mencari tahu lewat website, akhirnya Ibu Meliani mendaftarkan kedua anak kembarnya di biMBA-AIUEO saat usianya 2 tahun 9 bulan. Uniknya kedua anak mereka, yakni Park Binggo Sultansyah dan Park Billy Queenisyah adalah anak keturunan dari kebangsaan Korea Selatan. Bagaimana serunya kedua murid biMBA keturunan Korea Selatan ini mengikuti pembelajaran di kelas?

Kedua anaknya tidak bisa berbahasa Indonesia, mereka bisa menyebutkan nama benda, buah, abjad, huruf, binatang menggunakan bahasa Inggris, meskipun di rumah mereka diajarkan berbahasa Indonesia. “Mereka lebih tertarik dengan TV atau DVD yang memakai bahasa Inggris, mungkin karena sudah merasa nyaman dengan bahasa itu, jadi kalau kita ganti channel bahasa Indonesia mereka nggak mau nonton.”

Lalu bagaimana cara motivator memberikan pemahaman kepada anak? Yap, meskipun memiliki bahasa yang berbeda menurut penuturan Ibu Astri, anak harus diverbalkan terlebih dahulu, lalu berikan lagu-lagu yang mencakup bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu juga bisa menggunakan bahasa isyarat.

“Anak tidak mengerti saya, saya juga tidak mengerti anak, jadi bisa dibilang memakai bahasa isyarat. Misalnya ini ibu guru sambil tunjuk diri kita sendiri, lalu kalau anak sedang pegang meja, kita verbalkan M-E-J-A walaupun anak pahamnya itu adalah TABLE.”

Hal ini juga dialami oleh motivator ibu Yuni yang sebelumnya pernah mendidik Shiro anak keturunan Jepang dan kini iya juga mendidik Binggo keturunan Korea. Cara pengajarannya juga sama diverbalkan terlebih dahulu dan dikenalkan huruf-huruf menggunakan bahasa Indonesia.

Metode biMBA sangat bermanfaat diterapkan untuk anak. Sekarang unuk Binggo dan Billy meskipun baru mendaftar sudah terlihat perubahan dalam dirinya. Awalnya mereka anak penakut dan tidak mau jauh dari ibunya, tetapi kini sudah mulai berani dan bisa mengikuti pelajaran yang ada di biMBA-AIUEO. (ern)

Binggo dengan Ibunda
Binggo dengan Ibunda
Motivator dan KU Dukuh Zamrud
Motivator dan KU Dukuh Zamrud