175 Views

Najwa Shihab : Buku Bisa Membuat Orang Lebih Bahagia

Najwa Shibab, Duta Baca Indonesia 2016-2020
Najwa Shibab, Duta Baca Indonesia 2016-2020

Data-data hasil penelitian yang menunjukkan rendahnya minat baca di Indonesia, membuat Najwa Shihab deg-degan. Keadaan tersebut menyebabkan tugasnya sebagai Duta Baca Indonesia semakin berat dalam mengajak masyarakat mencintai kegiatan membaca.  Namun ketika hadir dan bertemu dengan masyarakat yang memiliki perhatian dalam membangun minat baca,  ia pun terharu sekaligus lega setelah melihat semangat mereka yang begitu tinggi.

“Orang-orang seperti Pak Bambang, semua guru, pembimbing dan orangtua yang hadir di sini adalah alasan kenapa saya optimis dan percaya bahwa negeri ini tidak pernah kekurangan orang baik. Orang yang begitu bersemangat dan keras kepala untuk mengajak orang cinta baca. Punya semangat sekeras baja dan percaya bahwa buku adalah teman yang paling baik. Tapi yang jelas, buku bisa membuat orang jauh lebih bahagia. Semua bunda pasti tahu apa manfaat membaca untuk anak-anak,” ungkap Najwa Shihab.

Hal tersebut diungkapkan Najwa Shihab saat tampil sebagai pembicara dalam Talk Show yang digelar di arena Book Fair dan Festival Seni Budaya, Minggu 13 November 2016 di Transera Waterpark Bekasi. Hadir pula pembicara lainnya, Bambang Suyanto (Ketua Yayasan Pengembangan Anak Indonesia), Dra Woro Titi Haryanti MA (Deputi Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Perpusnas RI) dan moderator Lestari Puji Hastuti serta Agus Suprihantoro.

Najwa mengingatkan bahwa keluarga adalah penyangga utama dan tempat paling utama bagi anak untuk mencintai buku. “Penelitian di Amerika menunjukkan bayi usia delapan bulan yang dibacakan buku oleh orangtuanya, kosa katanya bertambah 40%. Kemudian orangtua yang membacakan buku setiap malam dengan gaya interaktif kepada anak-anaknya, IQ anak bertambah minimal delapan poin. Jadi jangan anggap enteng membaca setiap malam ditemani ibu dan mendongeng kepada anak setiap malam,” tandasnya.

Senada, Bambang Suyanto menuturkan komunitas biMBA (bimbingan Minat Baca dan Belajar Anak) yang dibangunnya selama ini bertujuan untuk membahagiakan setiap orang. “Itulah arahnya yaitu mencapai kebahagiaan. Salah satu kunci utama untuk bahagia adalah harus menjadi pembelajar, bukan pelajar. Itu berbeda. Sedangkan untuk menjadi pembelajar harus ditanamkan karakter minat baca dan belajar. Minat baca perlu ditanamkan sebelum terlanjur benci membaca,” tegas Bambang Suyanto.

Selain talkshow, acara yang diselenggarakan hasil kerjasama biMBA-AIUEO dengan GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) yang berada di bawah naungan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga menampilkan serangkaian acara lainnya. Mulai dari pameran buku, pentas seni, pentas baca, lomba mewarnai anak, tari-tarian daerah, sulap, badut hingga festival musik.  Aks)

Suasana Saat Konferensi Pers Gebyar biMBA 2016
Suasana Saat Konferensi Pers Gebyar biMBA 2016
Talkshow di Panggung Saat Acara Gebyar biMBA 2016
Talkshow di Panggung Saat Acara Gebyar biMBA 2016