24 Views

Nonton TV Lebih Berbahaya Dibanding Main Komputer

Sisi negatif menonton TV pada anak. [Okezone Lifestyle]
Mengapa Nonton TV Lebih Berbahaya Dibanding Main Komputer?

Bagi anak-anak, menonton TV sepertinya berbahaya bagi kesehatan mereka dibandingkan dengan duduk di depan komputer.

Sisi negative menonton TV tersebut diantaranya: Anak-anak yang menonton TV dengan lama empat jam atau lebih per harinya akan 2,5 kali lebih berisiko terkena serangan jantung dan diabetes dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan waktu kurang dari sejam menonton TV sehari. Anak yang menonton lebih dari 4 jam akan memiliki tekanan darah yang tinggi dan ukuran pinggang yang lebih besar.

Salah satu alasannya adalah relaksasi di depan TV entah bagaimana membakar kalori lebih sedikit dibandingkan dengan duduk di depan komputer. Bisa juga karna sambil menonton melakukan aktivitas yang tak sehat, seperti ngemil. Hal itu jarang terjadi saat di depan komputer.

Hasil ini menambah perbendaharaan sisi negatif menonton TV. Tahun 2008 sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa menonton TV memiliki kaitan dengan risiko tinggi obesitas dibandingkan dengan main komputer atau video game bagi anak-anak.

Dalam penelitian baru ini, peneliti dari Universitas Queen di Ontario, Kanada, mengolah informasi dari sekitar 2.500 anak-anak umur 6 sampai 19 tahun. Aktivitas fisik anak-anak diukur secara berkelanjutan menggunakan akseleromotor, yang alatnya dipasang di tubuh anak sehingga mendeteksi setiap gerakan. Mereka juga mengukur parameter-paramater penting lainnya, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar waktu yang mereka gunakan di depan TV dan layar lainnya.

Para peneliti menyarankan kepada orangtua untuk membatasi waktu menonton TV dan mengajak anak untuk lebih banyak beraktivitas. Karena sisi negatif menonton TV pada diri anak terbilang cukup banyakdan kompleks.

Sumber: http://intisari-online.com

http://www.situstalenta.com/nonton-tv-lebih-berbahaya-dibanding-main-komputer