8 Views

Nyalakan Semangat Buah Hati Kita

Tahukah ayah bunda, tidak ada anak yang bodoh, kita yang tidak tahu bagaimana cara merangsang kecerdasan dan menumbuhkan Minat belajarnya. Barangkali kita lupa mengajak anak berbicara, memberikan motivasi kepada mereka dan bermain bersama mereka, padahal kedekatan semacam itulah yang akan membuat anak mendengarkan kita.

semangat

Menurut Psikolog dan Penulis buku, Garry Martin dan Grayson Osborne, “Janganlah mempunyai anak bila kita tidak punya waktu untuk mereka. Jika kita punya waktu, perhatikanlah waktu itu dengan serius. Inilah waktu untuk saling memahami, untuk mendukung perilaku kecil dari tingkah laku anak. Jauh lebih baik lagi jika kita memberikan dukungan itu segera ketika hal-hal kecil itu terjadi.”

Waktu bukanlah uang. Apabila waktu diibaratkan dengan uang, maka waktu dimana kita memberikan perhatian pada anak, berceloteh bersama mereka, bercanda dan memberi kehangatan, dapat dibeli dengan uang. Namun nyatanya kenangan tersebut tidak akan datang dua kali dan kita akan menyesal apabila menyia-nyiakannya.

Pada dasarnya anak tidak memerlukan hadiah untuk melakukan apa yang diinginkan, meskipun tanpa hadiah anak tetap semangat belajar, mulai dari belajar merangkak, belajar berjalan. Tahukah bahwa mereka melakukan hal tersebut karena semangat dan tidak mengharapkan imbalan.

Ayah bunda, mulai sekarang bisakah kita membuat semangat anak tetap menyala dan berkobar? Yuk berikan waktu terbaik kita untuk anak. Bahagiakan mereka dan nyalakan semangatnya. (Ern)