60 Views

Outbound 5 Unit biMBA-AIUEO Yogyakarta

11350497_1522444331328376_1070655875561222765_n

Celoteh anak-anak memenuhi seluruh area Ledok Sambi Outbound Ecopark di lembah Kali Kuning, Pakem, Sleman, Yogyakarta pada hari Minggu tanggal 31 Mei 2015. Keriuhan itu karena adanya outbound 5 unit biMBA-AIUEO Yogyakarta yaitu biMBA Bumijo, biMBA Pandeyan, biMBA Bantul, biMBA Sleman dan biMBA Bromonilan. Acara tersebut diikuti kurang lebih 60 peserta.

Sambutan dari Ibu Made Eswarini sebagai pembuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua yang mau mendampingi anaknya dalam kegiatan outbound tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan senam bersama dan pembagian anak-anak menjadi 6 kelompok.

Rangkaian permainan outbound sangatlah padat. Urutan permainan setiap kelompok berbeda, hal itu agar tidak terjadi penumpukan di setiap permainan. Secara umum permainan outbound di Ledok Sambi Ecopark yaitu :
• Membawa pensil dengan telunjuk secara berpasangan
• Menyusun menara dari cup atau gelas kertas
• Mengambil air dengan spon dan mengalirkannya ke pipa paralon sehingga air masuk ke dalam botol plastik
Flying fox
• Main hulahop berkelompok
• Berjalan di atas karpet
• Menanam padi
• Membajak sawah
• Menangkap ikan

Anak-anak dilatih kesabarannya saat bermain membawa pensil dengan telunjuk secara berpasangan. Rasa gemas juga memenuhi benak setiap anak saat harus menyusun menara dari cup atau gelas kertas.  Keseruan semakin menjadi saat permainan mengambil air dengan spon. Sambungan pipa paralon yang terkadang tidak rapat membuat aliran air tidak sampai ke botol dan menetes kemana-mana.

Anak-anak melonjak-lonjak kegirangan di permainan flying fox yang dilakukan secara tandem dengan orang tua atau motivator sebagai pendampingnya. Begitu juga saat permainan hulahop berkelompok, terkadang anak bingung harus memindahkan hulahop tanpa harus melepaskan genggaman tangan temannya.

Anak-anak tetap bersemangat memindahkan karpet-karpet berukuran kecil warna-warni secara estafet. Permainan menanam padi membuat anak tidak takut kotor. Permainan membajak sawah dengan sapi merangsang keberanian anak untuk naik di bilah bambu yang digunakan untuk membajak.

Keseruan semakin menjadi saat permainan puncak yaitu menangkap ikan dan memasukkannya ke dalam ember. Anak-anak maupun motivator saling berebut ikan yang juga bergerak sangat gesit. Beberapa kali anak-anak dibuat gemas dengan ikan yang melompat-lompat saat hendak ditangkap.

Ketika matahari sudah di atas kepala, permainan pun berakhir dengan main air di sungai dan dilanjutkan dengan mandi, makan siang serta pembagian doorprize. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan doa dan pembagian ikan dalam kantong plastik untuk setiap anak. (Nikk)

Sambutan dari Ibu Made Eswarini
Sambutan dari Ibu Made Eswarini
Membawa Pensil Berpasangan
Membawa Pensil Berpasangan
Permainan Flying Fox
Permainan Flying Fox
Memindahkan Air
Memindahkan Air
Menanam Padi
Menanam Padi
Membajak Sawah
Membajak Sawah
Menangkap Ikan
Menangkap Ikan