41 Views

Pendidikan Anak Berawal dari Rumah

Menghabiskan waktu bersama anak di rumah

Ayah bunda, sudahkah Anda memberikan waktu berharga Anda untuk anak di rumah? Orangtua adalah sarana utama anak hidup bersosial dan perkembangan anak selalu dimulai dari rumah. Bermain sehari-hari dengan anak akan memberikan Anda pemahaman yang baik, banyak hal menakjubkan yang bisa dipelajari tentang anak-anak saat Anda menghabiskan waktu dengan mereka.

Ketika Ayah bunda benar-benar mengambil kesempatan untuk aktif bermain dengan anak, maka Anda akan mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan anak. Misalnya berikan anak satu set lego dan lihat apa yang mereka ciptakan, imajinasi anak berjalan liar, mereka bisa merasa senang menciptakan sesuatu lewat gambar-gambar yan mereka lihat di kepala mereka.

Ajak anak Anda berinteraksi dan dorong anak untuk memasukkan Anda dalam kegiatan bermainnya, anak akan gembira dalam kesenangan yang Anda buat bersama-sama. Anak melihat orangtua sebagai panutan dan contoh, maka dari itu ajarkan anak hal-hal yang postif saat menghabiskan waktu bersama mereka karena perilaku mereka bisa membantu anak berhasil di masa depan.

Cobalah untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan sebisa Anda, membacakan buku untuk anak akan menciptakan minat mereka. Anda tahu bagaimana anak selalu meniru apa yang orangtuanya lakukan. Ayah bunda adalah segalanya untuk anak dan mereka akan belajar lebih banyak dari orangtua daripada orang lain selama tahap perkembangan.

Ayah bunda harus ingat bahwa masa kecil anak tidak berlangsung dua kali dan suatu saat akan hilang karena waktu. Jangan siakan masa kecil anak Anda, terutama jika Anda memiliki kesibukan seperti kebanyakan orang, yakni sambil bekerja.

Ayo… optimalkan waktu bermain bersama anak di rumah, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)