154 Views

Pengaruh Gadget pada Minat Baca Anak

[suara.com]
[suara.com]
Gadget merupakan hal yang saat ini menjadi momok bagi banyak orangtua. Kehadiran teknologi ini telah menjadi magnet negatif bagi sebagian anak, terutama bagi para orangtua yang tak bisa mengontrol penggunaan gadget pada anaknya. Saat ini umumnya anak-anak lebih suka bermain gadget dibandingkan membaca buku.

Buku sudah dianggap hal yang tidak menarik karena banyaknya game-game online yang bisa dimainkan lebih seru melalui gadget. Oleh sebab itu, para orangtua perlu memperhatikan masalah ini. Jangan memberikan gadget begitu saja kepada anak jika ingin anak memiliki Minat baca yang baik, untuk mengatasinya kita perlu melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Membuat perjanjian dengan anak tentang penggunaan gadget yang bisa ditebus dengan jadwal baca sang anak.
  2. Menyediakan fasilitas buku digital di dalam gadget yang dapat dibaca oleh anak kapan saja.
  3. Mematikan koneksi data gadget setelah perjanjian penggunaan gadget bersama anak selesai
  4. Menjelaskan dampak kesehatan penggunaan gadget secara terus menerus bagi mata dan kesehatan tubuh lainnya.

Jika tetap ingin menggunakan gadget, maka ajarkan hal-hal penting yang berguna seperti menggunakan perangkat pembelajaran online, belajar bahasa, membuka website-website belajar atau cerita online dan sebagainya, yakni hal-hal yang bermanfaat. Sehingga di dalam gadget pun kita tetap bisa mengembangkan Minat baca anak-anak kita. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache