31 Views

Pengaruh Kualitas Tidur Anak terhadap Kemampuan Baca dan Hitung

tidur
Sumber : www.google.co.id

Orang tua manapun pasti berkeinginan memiliki anak yang cerdas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak, salah satunya dengan menjaga pola tidur harian yang teratur dan berkualitas pada anak-anak. Bahkan menurut penelitian dari University College London, Inggris, bahwa anak yang kurang tidur akan mengalami masalah dalam menyelesaikan tes kemampuan membaca dan berhitung dibandingkan dengan anak sebayanya yang memiliki rutinitas waktu tidur yang cukup.

Profesor Amanda Sacker, sebagai salah satu peneliti menambahkan hipotesanya bahwa anak-anak yang sering begadang, memiliki waktu tidur yang tidak teratur, dan waktu tidur mereka kurang dapat mengganggu perkembangan otaknya. Hal ini dikarenakan ketika anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan konsisten tiap malamnya maka kemampuan menyimpan informasi akan berkurang. Hal inilah yang akan memperlambat kemampuan anak dalam membaca dan berhitung.

Penelitian yang sudah dipublikasi dalam journal of Epidemiology and Community Health ini dilakukan terhadap lebih dari 11.000 anak-anak usia tiga, lima dan tujuh tahun. Studinya diukur dari tingkat performa akademik dipadankan dengan pola tidur harian anak-anak. Hasilnya bahwa anak yang tidak memiliki jadwal tidur tetap dan tidur di atas pukul 21.00 WIB, cenderung memiliki nilai tes matematika dan membaca yang buruk. Menurut laporan British Broadcasting Corporation (BBC), waktu tidur yang tidak teratur biasanya muncul pada anak usia tiga tahun. Perbandingannya adalah 1 : 5, satu dari lima anak usia tiga tahun memiliki masalah dalam rutinitas waktu tidur. Sedangkan pada anak usia tujuh tahun, pada umumnya sudah memiliki waktu tetap untuk tidur, yakni antara pukul 19.30-20.30 WIB.

Dari hasil studi ternyata terungkap pula bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur anak adalah keharmonisan keluarga. Anak yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis umumnya kurang memberlakukan aturan yang ketat pada anak dan membiarkan anak menonton televisi sebelum tidur. Tetapi keluarga yang stabil cenderung memiliki pola dan menyarankan anak-anaknya untuk membaca sebelum tidur. Kenapa waktu membaca yang baik sebelum tidur ? Karena di waktu inilah gelombang otak berada pada posisi alfa. Dimana kondisi otak anak pada gelombang alfa akan lebih mudah terhipnosis dan tanpa disadari dibawah alam sadarnya, materi yang telah ia baca akan mempengaruhi pikirannya dan dapat diingat untuk memory jangka panjang.

Berdasarkan penelitian tersebut, membuktikan bahwa perkembangan otak sangat terkait dengan faktor sosial dan biologisnya. Oleh Karena itu agar tumbuh kembang anak berlangsung dengan optimal, dalam hal ini khususnya kemampuan anak untuk membaca dan berhitung, maka sebagai orang tua hendaklah kita mengajarkan anak sejak sedini mungkin untuk membiasakan rutinitas waktu tidur yang baik dan berkualitas. Hal ini seperti diungkapkan oleh Robert Scott-Jupp, dokter anak dari Royal College of Pediatrics and Child Health.(Bunda Ranis)

Sumber : Medical Daily, 8th of July

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache