25 Views

Pengenalan Alam Ala 25 Unit biMBA-AIUEO Se-Wilayah Bekasi

IMG_3527

Pentingkah pengenalan alam kepada anak-anak?  Pertanyaan itu terjawab pada acara “Pengenalan Alam Ala 25 Unit biMBA-AIUEO Se-Wilayah Bekasi”.  Kehebohan apa saja yang terjadi?  Beragam cerita unik terangkum dalam reportase berikut ini.

Kalender 12 Desember 2015 menjadi hari penuh keceriaan di Kuntum farmfield, sebuah kawasan wisata berkonsep agraris dan peternakan yang berlokasi di Jl. Raya Tajur No.291, Bogor, Jawa Barat.  Mengapa?  Karena pada hari itu berlangsung acara “Pengenalan Alam Ala 25 Unit biMBA-AIUEO Se-Wilayah Bekasi Jawa Barat”.   Acara yang terselenggara berkat kerjasama antara 5 pembina, 20 Kepala Unit serta 105 motivator itu diikuti oleh 492 murid dan 620 orangtua.

Rombongan berjumlah besar itu mengantri secara tertib di pintu masuk.  Setibanya di checking tiket, selain memeriksa tiket, petugas juga membagikan topi caping kepada anak-anak maupun orangtua sebagai alat penahan panas maupun hujan. Rombongan pun lalu bergerak menuju saung besar sebagai tempat berkumpul dan pelaksanaan pentas baca. Sepanjang perjalanan, rombongan disuguhi oleh suasana asri serta bernuansa pedesaan yang disebabkan oleh banyaknya pohon buah-buahan, kebun tanaman organik maupun koleksi hewan peliharaan.

Keriuhan tumpah saat sesi pentas baca digelar. Anak-anak dengan penuh semangat membaca kata demi kata yang terdapat di lembaran dari panitia.  Keberanian anak-anak biMBA yang tampil di panggung patut diancungi jempol.  Selain memancing antusiasme anak-anak yang lain, euforia sesi tersebut juga membuat panitia kesulitan untuk mengakhirinya.  Namun, rangkaian acara yang terjadwal juga tidak kalah menariknya bagi anak-anak, karena sarat dengan unsur edukasi tentang pengenalan terhadap alam.

Selanjutnya pemandu dari Kuntum farmfield mengambil alih acara sebagai tanda bahwa sesi outbound dimulai.  Sederet acara sudah dipersiapkan seperti memberi pakan hewan ternak mulai dari kelinci, kambing, domba, sapi, marmut, bermacam-macam unggas, melihat-lihat tanaman organik, menanam padi serta menangkap ikan. Setiap kelompok yang terdiri atas 20 anak didampingi oleh seorang pemandu dan motivator biMBA serta orangtua yang juga tak kalah antuasiasnya mengikuti setiap rangkaian acara.

Semangat anak-anak biMBA memang sangat luar biasa.  Memberi susu botol ke kambing, melihat-lihat tanaman organik dan menebarkan pakan maupun menangkap ikan dipenuhi dengan celoteh serta tawa riang.  Rasa gemas anak-anak saat menangkap ikan juga dirasakan oleh orangtua dan motivator yang ikut menceburkan diri ke kolam. Namun keceriaan itu tidak dirasakan oleh beberapa kelompok yang lain karena hujan turun sangat deras.

Ibu Palistyowati.SE, pembina unit biMBA-AlUEO dalam Pengelola Unit Wilayah I sekaligus Ketua Penyelenggara menyatakan bahwa acara “Pengenalan Alam Ala 25 Unit biMBA-AIUEO Se-Wilayah Bekasi” ini ditujukan untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak sejak  usia dini.  Beliau juga menyerukan kepada orangtua bahwa seluruh insan biMBA seyogyanya menjadi duta kasih sayang, karena virus kasih sayang akan berdampak positif bagi pembentukan karakter dan jiwa anak sebagai penerima tongkat estafet kepemimpinan negeri ini di masa depan. (Nikk)

IMG_3562
Pembagian Topi Caping di Checking Tiket
Pentas Baca
Pentas Baca
Memberi Pakan Sapi
Memberi Pakan Sapi
Memberi Pakan Unggas
Memberi Pakan Unggas
Memberi Susu pada Kambing
Memberi Susu pada Kambing
Menangkap Ikan
Menangkap Ikan
Ibu Palistyowati.SE, pembina unit biMBA-AlUEO dalam Pengelola Unit Wilayah I sekaligus Ketua Penyelenggara
Ibu Palistyowati.SE, Ketua Penyelenggara