42 Views

Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank

Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank

Pembelajaran yang langsung bersentuhan dengan alam dapat menggali potensi dalam diri anak, serta dapat mengajarkan anak pentingnya menjaga lingkungan dan alam. Hal itu yang menjadi tujuan dari acara “Pengenalan Alam biMBA Tomang ke Kandank Jurank Doank”.  Seperti apakah keseruannya?

Kandank Jurank Doank adalah sekolah alam dan tempat rekreasi pendidikan yang didirikan oleh seniman Dik Doank pada tahun 1993.  Alasan yang mendasari pembangunannya yaitu keinginan Dik Doank untuk membangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu dengan media utama alam.  Sekolah alam ini berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan.

“Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank” dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016.  Acara tersebut diikuti oleh 35 anak biMBA, orangtua serta tim dokumentasi. Rombongan yang berjumlah kurang lebih 90 orang tersebut dibagi atas dua bus.

Sesampainya di lokasi, kakak pemandu acara “Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank” menyambut rombongan dengan penuh antusias.

“Di Kandank Jurank Doank ini kita ingin mengajak seluruh anak-anak untuk belajar sembari bersahabat dengan alam”, Ujar Nova, salah satu kakak pemandu di Kandank Jurank Doank.

Agenda “Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank” sangatlah padat. Diawali dengan penanaman padi sesuai arahan kakak pemandu. Dilanjutkan memandikan kerbau yang bernama Jemol.  Sesi ini sangat disukai anak-anak, karena mereka juga bergantian menunggang kerbau dan bermain air. Kelar bermain di sawah, anak-anak menangkap ikan di kolam. Keseruan semakin memuncak saat sesi bermain flying fox dan keliling menggunakan perahu ban.

Orangtua juga tidak kalah seru saat menunggu anak-anak mengenal alam.  Kakak pemandu mengarahkan orangtua untuk bermain oper hula hoop diiringi musik di area utama.  Pemain yang masih memegang hula hoop saat musik berhenti maka otomatis akan dieliminasi.

Setelah bermain dengan lumpur dan tanah, para murid dibantu oleh orang tuanya pergi membersihkan diri dan kemudian makan siang. Selesai makan siang, kini waktunya untuk anak-anak menunjukkan kebolehannya di panggung utama. Tidak sedikit yang mengantri, semua murid ingin menyanyikan lagu-lagu favorit mereka, diantaranya ‘Bintang Kecil’ dan ‘Pelangi’.

Waktu sudah menjunjukkan sekitar jam tiga. Acara “Pengenalan Alam biMBA Tomang di Kandank Jurank Doank” pun ditutup oleh direktur pengembangan sekaligus mitra, bapak Imam Sutrisno,dan kepala unit biMBA Tomang, Ibu Rosi. Sebagai kenang-kenangan, anak-anak diberikan buah tangan berupa ikan mas kecil. (Gozz/Nikk)

Siap Menanam Padi di Sawah
Siap Menanam Padi di Sawah
Memandikan Kerbau
Memandikan Kerbau
Menunggang Kerbau
Menunggang Kerbau
Bermain Flying Fox
Bermain Flying Fox
Naik Perahu Ban
Bermain Flying Fox
Orangtua Bermain Hula hoop
Orangtua Bermain Hula Hoop