27 Views

Pengenalan Profesi biMBA Belibis

cover

Field Trip ke Kidzania ini sifatnya adalah edukasi dan pengenalan profesi.  Anak dapat mengetahui serta mencoba profesi sesuai dengan Minatnya.  Di setiap layanan profesi, anak-anak tidak didampingi oleh orangtuanya, sehingga diharapkan anak menjadi lebih mandiri dan kreatif,” ujar Ibu Hj.Mulyawati, Kepala Unit biMBA Belibis

Kalender 30 Maret 2016 sangat istimewa bagi keluarga besar biMBA Belibis karena mengadakan acara pengenalan profesi dengan tajuk Field Trip ke Kidzania.  Acara tersebut diikuti oleh 70 anak biMBA, 9 orang motivator, 1 Kepala Unit, orangtua beserta para kerabat.  Rombongan yang berjumlah kurang lebih 150 orang itu terbagi atas 3 bus. Wah seperti apa ya keseruan yang terjadi sepanjang hari Rabu itu?

Saat jam menunjukkan pukul 07.30 WIB, bus pun bergerak membelah jalanan ibukota yang sudah mulai padat merayap menuju ke Pacific Place Shopping Mall Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta.

Setibanya di lokasi, bus merapat di East Lobby dan langsung disambut oleh para kru yang dengan sigap mengatur dan mengarahkan rombongan. Rombongan lalu naik lift yang bergerak menuju angka 6, letak dari Kidzania yang merupakan pusat rekreasi berkonsep edutainment yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun serta orangtua nya.

Di pintu masuk Kidzania, setiap anggota rombongan diberi gelang merah seperti jam tangan sebagai penanda pengunjung.  Rombongan antri dengan tertib dan melalui bag detector seperti di bandara untuk menuju area inti dari Kidzania yang berupa replika kota dengan bangunan-bangunan profesi dan disebut layanan.

Saat memasuki area, anak-anak yang dibekali semacam cek dipandu oleh Zupervizor untuk menukarkannya dengan mata uang resmi Kidzania yaitu Kidzos di Bank.  Selain bertujuan sebagai pengenalan profesi, di Kidzania anak-anak juga belajar menghargai nilai uang dengan pilihan profesi mereka.  Mengapa begitu? Karena ada layanan profesi yang mengharuskan anak-anak menukarkan uangnya dengan edukasi profesi yang diminati namun ada juga profesi yang memberi mereka upah atas jerih payahnya.

Meskipun anak diberi kebebasan untuk memilih profesi yang diinginkan, namun orangtua tetap mengarahkan profesi yang sesuai dengan usia anak. Hal itu karena motivator dan Kepala Unit biMBA Belibis yang mempersiapkan acara ini selama 1,5 bulan telah memberikan brosur-brosur Kidzania kepada orangtua sebagai bekal informasi untuk dipelajari.

Keseruan pun terjadi di setiap layanan profesi. Saat mengikuti profesi dokter gigi, anak-anak diberikan jas putih ala dokter gigi lengkap dengan penutup kepala dan masker penutup hidung. Anak-anak melihat video pengetahuan tentang gigi, lalu diajari cara menggosok gigi yang benar.  Di layanan dokter gigi, ada dua boneka yang bertindak seperti pasien. Anak-anak sangat antusias membersihkan gigi boneka dengan peralatan dokter gigi dan kapas.

Kehebohan juga terjadi di layanan pemadam kebakaran.  Anak-anak tampak bergaya dengan jaket dan helm kuningnya.  Setelah melihat video tentang pemadam kebakaran, anak-anak lalu naik mobil pemadam dan menuju ke lokasi rumah terbakar.  Anak-anak dengan gigih menyemprotkan air untuk memadamkan api di rumah yang dipenuhi cahaya merah seperti sedang terbakar.

Rasa ingin tahu anak untuk menjadi chef juga terjawab di layanan baking center. Seperti layaknya chef profesional mereka memasak kue sesuai langkah-langkah yang diarahkan oleh pemandunya. Bukan hanya itu, saat menjalani profesi sebagai pembersih kaca gedung dan harus naik dengan mesin, rasa takut tidak tergambar sedikitpun di wajah polos mereka.

Pengenalan profesi biMBA Belibis hari itu menjadi kenangan terindah sekaligus bekal pengetahuan yang baik untuk masa depan anak.  Kegembiraan anak-anak adalah hal terpenting bagi motivator, kepala unit maupun orangtua. (Nikk)

Menuju Area Inti
Menuju Area Inti
Menukarkan Cek dengan Kidzos
Menukarkan Cek dengan Kidzos
Kidzos, Mata Uang Resmi Kidzania
Kidzos, Mata Uang Resmi Kidzania
Layanan Profesi Dokter Gigi
Layanan Profesi Dokter Gigi
Profesi Pembersih Kaca Gedung
Profesi Pembersih Kaca Gedung
Anak-anak biMBA Menjadi Chef
Anak-anak biMBA Menjadi Chef
Mendapat Pengarahan sebagai Pemadam Kebakaran
Mendapat Pengarahan sebagai Pemadam Kebakaran

Tinggalkan Balasan