293 Views

Pentingnya Menanamkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini

Tentu kita sudah sangat mengetahui manfaat membaca terutama pada anak-anak. Sebagai orangtua terutama yang telah mengenyam pendidikan tinggi tentu kita mengidamkan agar buah hati kita kelak menjadikan membaca sebagai kebiasaannya. Apalagi berdasarkan penelitian Minat baca anak Indonesia masih belum setinggi anak-anak di negara lain, bahkan untuk kawasan Asia.

minat baca

Anak-anak adalah aset bangsa yang kelak akan meneruskan perjuangan untuk memajukan tanah air tercinta ini. Sering dikatakan bahwa negara maju itu masyarakatnya mempunyai kualitas pribadi yang tinggi, hal itu hanya bisa dicapai dengan belajar untuk memperluas wawasan serta menambah ilmu pengetahuan. Inilah sebabnya sangat penting untuk menanamkan Minat baca pada putra-putra kita sejak usia dini.

Walaupun sebagai orang tua kita bercita-cita untuk membiasakan buah hati kita membaca sejak usia dini tetapi pada kenyataannya kadang tak terlalu mudah untuk menanamkan budaya membaca ini. Beberapa penghalangnya antara lain adalah:

  1. Banyaknya penghalang

Saat ini sudah sangat banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan si kecil untuk mengisi waktu luangnya misalnya adalah menonton televisi atau bermain game komputer. Tentu saja dibandingkan membaca aktifitas tersebut jauh lebih menyenangkan dan akan lebih banyak dipilih karena si kecil belum memahami manfaat dari kegiatan membaca.

Sesungguhnya tak perlu melarang mutlak buah hati Anda untuk melakukan hal tersebut, tetapi beri batasan dan dampingi mereka saat menonton televisi. Apalagi saat ini banyak sekali program yang tak layak dikonsumsi oleh anak-anak. Sebaliknya ciptakan suasana nyaman saat membaca dan berikan kesan bahwa membaca itu merupakan hal yang menyenangkan.

  1. Orangtua tidak memberi contoh

Orangtua harus berperan dalam menumbuhkan Minat baca anak dan anak tentu sulit membiasakan diri untuk membaca bila ia tak melihat orang tuanya juga rajin membaca. Anda tentu sudah memahami bahwa anak-anak adalah peniru yang baik. Oleh karena itu agar buah hati suka membaca, mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu dengan berdisiplin dalam membaca.

  1. Sarana

Tentu sulit menumbuhkan Minat baca anak bila di rumah tak tersedia sarana berupa buku untuk itu. Bila Anda memiliki keterbatasan keuangan untuk dialokasikan membeli buku, perpustakaan umum bisa menjadi pilihan. Saat ini pemerintah sudah mewadahi dalam menumbuhkan budaya membaca dengan sarana-sarana seperti pendirian perpustakaan, pengadaan perpustakaan keliling, pengadaan buku-buku, dan lain sebagainya.

Anda bisa membawa buah hati Anda ke sana, apalagi saat ini di banyak perpustakaan sudah tersedia tempat khusus untuk anak yang dilengkapi dengan permainan sehingga si kecil menjadi lebih nyaman.

Ajak si kecil mengikuti program mendengarkan dongeng yang sering diadakan di perpustakaan. Selain itu toko buku bekas bisa menjadi alternatif pilihan. Sesekali membeli buku-buku yang bermanfaat untuk si kecil tentu tidak ada salahnya dan Anda juga masih bisa memperoleh buku yang bagus dengan harga terjangkau asalkan pandai memilih.

Mengalokasikan dana untuk membeli buku tak akan membuat Anda rugi karena ini adalah investasi yang kelak akan berguna bagi buah hati Anda. Demikianlah beberapa hal tentang Minat baca anak yang penting untuk diketahui para orangtua. Semoga bermanfaat! (PK/Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache