40 Views

Penyebab Anak Kesulitan Belajar

kesulitan belajar

Ayah bunda, pernahkah anak Anda mengalami kesulitan belajar? Ternyata kesulitan belajar bagi seseorang diawali dari proses belajar yang salah. Misalnya guru yang tidak mengenal baik muridnya, tidak bisa memotivasi muridnya, dan tugas sekolah yang sulit membuat anak malas belajar, ditambah lagi tidak adanya proses belajar yang menyenangkan sehingga akan timbul rasa enggan dan anak menjalaninya dengan terpaksa.

Idealnya, seorang guru harus berusaha memahami muridnya dan membantu anak didik dari setiap kesulitan yang dihadapinya. Di saat ada anak murid yang nakal atau kesulitan belajar hal itu pasti memiliki sebab, guru harus mampu mengidentifikasi kesulitan dan penyebabnya terlebih dahulu, mengapa anak malas belajar? Mengapa anak selalu tidak mau disuruh belajar? Carilah solusi dengan cara pendekatan terhadap anak secara intens dan individual.

Ternyata proses belajar yang tidak menyenangkan juga salah satu sebab anak menjadi malas dan membuat anak teralihkan perhatiannya pada permainan, televisi, internet dan lain sebagainya, sehingga anak menjadi trauma dengan belajar. Di saat otak anak sudah tertanam benci belajar maka sampai dewasa anak tidak akan pernah memahami bahwa belajar itu penting.

Sudah seharusnya para guru atau orangtua lebih memperhatikan dan memberikan anak kasih sayang yang cukup. Kesabaran dan ketekunan kita sangat diharapkan dalam menangani murid atau anak yang sulit belajar yang akan berdampak buruk bagi anak di kemudian hari.

Maka dari itu, Ayo… Ayah bunda atau para pendidik, kita ubah proses belajar menjadi menyenangkan, buat anak mencintai belajar dan menganggap belajar adalah kebutuhan sehari-hari. Jika proses belajar menyenangkan maka anak tidak akan kesulitan belajar, justru sebaliknya anak akan senang belajar tanpa adanya rasa terpaksa dalam dirinya. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)