31 Views

Penyebab Turunnya Minat Baca di Sekolah

Minat Baca
Memaksa anak belajar dapat menurunkan minat baca anak [merahputih25. blogspot.co.id]
Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menurunkan Minat baca anak di sekolah:

1.Sekolah Menuntut Siswanya untuk Menghafal

Salah satu penyebab turunnya minat baca pada anak adalah lingkungan sekolah yang kadangkala menuntut siswanya menghafal pelajaran dari buku. Hal ini menyebabkan anak kesulitan untuk menikmati bahan bacaan, sehingga proses belajar menjadi tidak menyenangkan untuk anak.

Lalu bagaimana solusinya? Kita harus mengenali betul bagaimana sekolah yang baik untuk anak, di mana sekolah bukan hanya sekedar menghafal teori, tapi kenalkan anak dengan sekolah yang metode belajarnya menyenangkan sehingga membaca tidak lagi menjadi beban dan anak menyukai proses belajarnya.

2.Pemahaman Membaca

Para guru meminta siswanya untuk berhenti di tengah paragraf dan memahami bacaan tanpa terlebih dulu membiarkan siswanya menikmati dan memahami bacaan secara utuh. Nah ini juga salah satu hal yang membuat anak kita kehilangan kenikmatan saat membaca. Pola mengajar seperti ini menjadikan seorang anak beranggapan bahwa proses membaca adalah sebuah proses yang terpotong-potong dan bukan satu kesatuan kegiatan yang asyik untuk menikmati sebuah kisah dari buku.

3.Diejek Saat Membaca

Salah satu hal yang membuat anak kita menjadi ciut nyalinya bahkan kapok ketika membaca adalah ejekan-ejekan yang datang baik itu dari teman-temannya maupun gurunya. Minimalisirlah resiko ini dengan sering-sering memberikan apresiasi terhadap peningkatan kemampuan membaca anak kita. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache