93 Views

Peran Orangtua untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

minat baca
[kompasiana.com]
Minat baca anak tidak bisa tumbuh begitu saja tanpa peran dan motivasi dari orangtua. Orangtua sebagai subjek yang paling dekat dengan anak memiliki peran yang cukup penting terhadap perkembangan Minat baca anak. Secara umum, kita harus memiliki peran sebagai berikut dalam meningkatkan perkembangan Minat baca anak:

  1. Mengkondisikan lingkungan

Lingkungan membaca harus dikondisikan oleh orangtua terhadap anaknya, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan teman-temannya. Jika memungkinkan masukkan anak Anda pada komunitas atau sekolah yang fokus terhadap Minat baca anak. Selain itu di rumah sediakan perpustakaan mini untuk anak, berisi buku-buku apa saja yang menjadi kesukaannya.

  1. Motivasi dan memberi contoh

Jangan hanya menyuruh, orangtua juga perlu memberikan contoh. Bagaimana kita berpikir anak akan senang membaca jika di rumah saja kita jarang membaca. Ajak anak membaca buku kesukaannya bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Latih anak untuk menceritakan kembali apa yang sudah dibacanya supaya lebih jelas indikator keberhasilan atas baca yang ia lakukan.

  1. Berikan anak fasilitas

Sediakan bahan bacaan untuk anak, temani anak ke acara-acara buku, memasukkan ke sekolah yang fokus pada Minat baca, sediakan anggaran khusus untuk membeli buku anak dan sebagainya. Orangtua harus memfasilitasi jika anaknya ingin berhasil.

Minat baca anak perlu didukung sepenuhnya oleh para orangtua dan perlu diperhatikan berbagai masalah penghambat Minat baca anak. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

 

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache