193 Views

Perbincangan Minat Baca dan Belajar Anak di Sapa Indonesia Siang

Perbincangan Minat Baca di Sapa Indonesia Siang

Anak bisa membaca pada usia dini menjadi tolok ukur kecerdasan bagi kacamata awam, sehingga orang tua yang kompetitif akan cenderung membandingkan kemampuan anak dengan sebayanya. Tanpa disadari hal ini akan membuat anak merasa terintimidasi.  Orangtua seharusnya fokus pada Minat baca dan belajarnya, bukan kemampuan membacanya.

Hal ini menjadi topik perbincangan yang seru di Sapa Indonesia Siang, Kompas TV pada tanggal 21 Maret 2017.  Acara yang digawangi oleh Akbari Madjid dan Nitia Anisa ini mengupas bagaimana menumbuhkan Minat baca dan belajar pada anak usia dini dengan narasumber Bambang Suyanto sebagai penemu metode baca anak.

Metode baca banyak sekali namun terkadang malah membuat anak merasa bosan dan tertekan.  Menurut Bambang Suyanto, anak usia dini tidak boleh belajar membaca. Hal yang boleh dilakukan adalah menumbuhkan dan membangun Minat bacanya yang akan berdampak pada kemampuan.  Tidak akan tumbuh Minat, jika prosesnya tidak menyenangkan.  Berarti metode bacanya harus menyenangkan dan Small Step System serta disesuaikan dengan kemampuan anak, jadi harus 100% bermain sambil belajar.  Bagaimana sebenarnya metode baca yang menyenangkan?

Metode baca AIUEO yang diciptakan oleh Bambang Suyanto merupakan metode membaca dengan cara menyenangkan tanpa memperkenalkan hurufnya terlebih dahulu.  Permainan kreatif dan konstruktif dengan menggunakan kata maupun kalimat sederhana merupakan media yang akan menstimulasi Minat baca dan belajar anak.

“Huruf itu abstrak. Kita harus menstimulasi anak dengan hal yang bersifat kongkret, mudah diucapkan dan dekat dengan anak. Benda yang kongkret ada simbolnya. Misal kata MAMA.  Anak sudah tahu sosok Mama. Metode mengajarkan kata dengan menggunakan nada. Anak akan menyanyikan kata Mama. Kata Mama lebih mudah diucapkan oleh anak.” Lanjut Bambang

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk anak bermain sambil belajar, tapi prosesnya tidak boleh ada satu detikpun dipaksakan. Sebelum menutup perbincangan, Bambang memberikan tips agar anak mempunyai Minat baca dan belajar yaitu orang dewasa harus menjadi seorang pembelajar dan menahan egonya.  Dalam kondisi apapun, saat anak meminta dibacakan cerita atau dibimbing belajar, orang tua harus menuruti keinginannya.  Kewajiban setiap orangtua adalah membimbing Minat baca dan belajar anak, jika tidak, anak akan menjadi benci belajar. (Nikk)

Minat Baca
Bambang Suyanto, Penemu Metode Baca Anak
Minat Baca
Sebelum Syuting di Sapa Indonesia Siang