36 Views

Perlukah Kita Perkenalkan Bahasa Inggris Kepada Anak Sejak Dini?

10733659_1494425810821167_234959503_n

Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua tentunya kita perlu pelajari untuk bisa tahu dan bisa menggunakannya, sementara bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu memang sudah kita kenalkan dan digunakan oleh anak-anak dalam keseharian.  Anak-anak sudah mahir menggunakannya sebagai alat komunikasi dan berekpresi.  Nah, sebagai orangtua tentunya ingin putra-putri kita juga tidak hanya bisa satu bahasa bukan? Apalagi di era globalisasi ini yang segala informasi, barang, teknologi dan segala sesuatu begitu mudahnya masuk ke negara kita. Jadi perlukah kita perkenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini?

Membekali anak dengan bahasa lain terutama bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sejak dini akan bermanfaat.  Orangtua harus bisa bersikap bijaksana atas asas manfaat yang bisa diperoleh untuk anak-anak di kemudian hari.  Manfaatnya antara lain :
1. Merupakan bekal anak untuk menyerap segala informasi dari seluruh penjuru dunia dengan media teknologi yang basisnya berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

2. Anak-anak menjadi terbiasa untuk mendengarkan dan menggunakannya sehingga tidak akan ‘gagap’ seperti halnya kalau mereka tiba-tiba dikenalkan bahasa baru ini (mohon dibandingkan antara ‘sedang proses’ dan dengan ‘yang mendadak’, diberikan ketika anak malah sudah besar, masuk di sekolah menengah misalnya). Paling tidak, kalau sejak dini, anak-anak memiliki kesiapan dan kepekaan untuk mendengarkan serta mengucapkannya.

3.Usia dini, terutama usia 3 tahun sampai dengan 7 tahun adalah usia ‘Golden Age’ di mana anak-anak akan menyerap ilmu dan pengetahuan dengan sangat mudah. Untuk itu segala stimulus yang kita sampaikan akan lebih mudah diserap oleh anak-anak. Banyaknya stimulus termasuk stimulus pengenalan bahasa Inggris akan meningkatkan kecerdasan bahasa (Linguistic Skill) yang anak-anak miliki. Dengan demikian merupakan kesempatan emas untuk orangtua terutama untuk mengembangkan aspek inteligensi anak dan penyerapan pengetahuan dengan mudah.

Dengan melihat asas manfaat ini, orangtua bisa memberikan yang terbaik buat masa depan anaknya.  Artikel ini semoga bisa menjadi referensi untuk Ayah Bunda sekaligus menjawab atas pertanyaan ‘Perlukah kita perkenalkan Bahasa Inggris kepada anak sejak dini?’ yang mungkin sekarang muncul lagi sebagai bentuk keragu-raguan kita karena ditiadakannya pelajaran bahasa Inggris di beberapa sekolah formal.(Vebi/Nik)

Tinggalkan Balasan