6 Views

Seandainya Semua Guru Seperti Ini

Guru yang mencintai murid-muridnya. [detikHealth]
Bagaimana Seandainya Semua Guru Seperti Ini?

Suatu ketika sang guru menceritakan salah seorang muridnya yang sangat sulit sekali untuk dididik dan diajar.    Anak didiknya itu terlihat agak lambat menerima pelajaran.   Berbagai cara telah dicoba, namun sepertinya belum membuahkan hasil yang membahagiakan.

Setelah 1 tahun berselang, ada satu kesempatan untuk bertemu lagi dengan guru tersebut.  Dengan wajah yang berbinar-binar ia bercerita bahwa ia telah berhasil membuat kemajuan yang berarti bagi muridnya itu.  Penasaran, metode apa yang telah ditemukan oleh si Guru tadi, sehingga ia berhasil membuat muridnya menjadi lebih baik dan berprestasi lebih bagus ?

Guru tersebut bercerita,
“ Suatu malam, saat saya sedang beribadat saya teringat murid saya itu, kemudian seketika itu saya coba membayangkan wajahnya baik-baik, lalu perlahan-lahan saya mengadukan hal ini pada Tuhan.   Saya berkata, Ya Tuhan, kami sudah berupaya keras untuk membuat anak ini menjadi lebih baik, kami sudah menggunakan berbagai macam cara untuk membantunya, tapi kami belum berhasil juga.   Kami sudah tidak tahu lagi harus melakukan apa.  Ya Tuhan,   tolonglah kami!    Kami hanya ingin anak ini menjadi lebih baik,  lalu saya bersujud sambil menitikkan air mata berharap supaya permohonan saya dikabulkan.”

Lalu ibu guru itu melanjutkan,

“Sungguh diluar dugaan, keesokan harinya mulai terjadi perubahan dan peningkatan yang sangat signifikan terhadap kemampuan belajar si anak.   Saya bukan main girangnya.   Betapa begitu banyak misteri dalam diri anak yang masih belum berhasil kita ketahui. Begitu banyak misteri dalam diri murid kita yang belum berhasil di kupas oleh pengetahuan.   Namun ternyata tidaklah demikian bagi Tuhan,  segala yang tidak mungkin bagi kita selalu mungkin bagi Tuhan.”

Wahai Tuhan!  Seandainya saja di negeri ini ada lebih banyak guru yang begitu mencintai muridnya dan mau mendoakan muridnya secara sungguh-sungguh, saya yakin sebesar apapun persoalan yang kita hadapi akan mampu kita pecahkan.(Tari)