35 Views

Sebegitu Pentingkah Aktivitas Membaca ?

Aktivitas Membaca

Ayah bunda untuk mendapatkan manfaat maksimal dari membaca, maka seorang anak perlu memprioritaskan aktivitas membaca itu sendiri. Anak yang tidak memprioritaskan diri untuk membaca pasti memiliki segudang alasan untuk menghindarinya, baik itu lelah, malas, ngantuk, atau sibuk dengan kegiatan yang lain.

Ketika membaca belum menjadi kebiasaan, maka membaca menjadi satu proses yang sangat menantang. Membaca merupakan peran aktif antara pembaca dan buku, sering kali anak bahkan diri kita sendiri hanya membaca dan tidak menggunakan pikirannya dalam menganalisa, sehingga membaca menjadi satu proses yang sangat melelahkan.

Membaca Buku Sesuai Minat Anak

Jika anak memiliki kejelasan, maka dengan sendirinya ia akan memprioritaskan waktu untuk membaca. Jika tidak, membaca hanya akan menjadi satu kegiatan yang sangat berat dan menyiksa untuk dilakukan. Anak yang belum memiliki tujuan atau kejelasan akan bingung sendiri dengan buku yang dibaca.

Hal ini juga bisa terjadi ketika mereka menganggap penting semua buku di toko buku, banyak judul-judul yang menarik dan cover yang menggoda untuk dibaca, terkadang karena terlalu banyak buku yang dibeli justru anak tidak pernah selesai dalam membaca buku tersebut.

Ayah bunda, kuncinya bukanlah seberapa banyak buku yang dibeli tetapi buku tersebut memang diminati anak, membaca buku sesuai dengan Minat anak juga akan merangsangnya membaca buku hingga tuntas dan anak lebih memprioritaskan membaca buku dibandingkan kegiatan lain. Ayah bunda, yuk kita ajak anak memilih dan membaca buku sesuai dengan Minatnya. (Ern)