64 Views

Semangat Belajar Generasi Pembelajar

Semangat Belajar
Suasana belajar yang menyenangkan mampu meningkatkan semangat dan minat belajar.
[http://togamas.co.id]
“Orang sukses adalah orang yang mampu mempertahankan semangatnya dikala orang lain hilang semangatnya.”

Ayah bunda, setiap anak pasti memiliki keinginan atau mimpi yang ingin dicapai, kita pasti bangga apabila melihat mereka sukses, tetapi untuk menggapai impian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, perlu proses yang panjang hingga akhirnya dapat mencapai hasil yang maksimal.

Ada beberapa hal yang bisa Ayah bunda lakukan agar anak selalu semangat dan optimis dalam menggapai impian, sehingga anak bisa menjadi generasi pembelajar mandiri sepanjang hayat. Yuk kita simak poin-poin berikut ini:

1. Berikan motivasi dan pujian

Motivasi akan mempengaruhi anak untuk meningkatkan semangat belajarnya karena anak merasa dihargai, meskipun anak gagal jangan pernah sekalipun memarahinya karena anak akan menganggap dirinya tidak berguna. Selain itu berikan pujian pada anak ketika anak melakukan kebaikan. Tanamkan pada diri anak bahwa mereka pasti bisa menggapai impian asal terus berusaha dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

2. Tidak memaksa anak

Anak yang seringkali dipaksa orangtuanya untuk melakukan suatu hal akan timbul dalam diri anak bahwa hal tersebut tidaklah menyenangkan. Misalnya orangtua ingin melihat anaknya sukses, akhirnya memaksa anaknya untuk terus belajar, ikut les ini itu agar mampu bersaing di masa depan, padahal anak merasa terbebani.

Pada dasarnya keterpaksaan itu dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak, meskipun anak belajar anak belum tentu menyukai kegiatan belajar karena tuntutan orangtua. Sehingga saat dewasa nanti akan terbentuk karakter benci belajar.

3. Proses belajar yang menyenangkan

Percayakah Ayah bunda, bahwa kehidupan sejati kita sebagai manusia adalah sebagai seorang pembelajar? Tetapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar meski secara tidak sadar, bahkan dulu kita mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan.

Suasana belajar yang menyenangkan terbukti mampu meningkatkan semangat dan minat belajar anak. Jika anak belajar dalam situasi yang menyenangkan ia akan terhindar dari rasa stres, tentunya pembelajaran akan semakin mudah untuk diserap dan dipahami.

Nah apabila kita sudah memahami apa hal yang ingin dicapai oleh anak dan cita-cita mulia mereka. Yuk kita terapkan poin-poin tersebut di dalam kehidupan kita sehari-hari dengan harapan anak akan selalu semangat belajar dan tidak pernah menyerah untuk meraih masa depan. (Ern)