98 Views

Semarak Gebyar biMBA 2016

Talkshow Pendidikan di Gebyar biMBA 2016
Talkshow Pendidikan di Gebyar biMBA 2016

“Acara ini sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan apresiasi pada masyarakat serta mendukung pendidikan nasional.  Book Fair dan Festival Seni Budaya ini dikemas dengan konsep edutainment dan sekaligus menjadi ajang kreativitas bagi para peserta didik.  Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan para siswa dalam Minat Baca serta Minat Belajar”, tutur Rudy Suwignyo, Ketua Panitia Gebyar biMBA 2016.

Gebyar biMBA 2016  diselenggarakan pada tanggal 12-13 November 2016 dan berlokasi di Transera Waterpark, Kota Harapan Indah, Bekasi.  Demi menyukseskan acara, wahana bermain air di Transera ini tidak dibuka untuk umum selama dua hari.  Acara yang dibuka secara resmi oleh H.Kasir, Kepala Kepariwisataan Kabupaten Bekasi ini juga dihadiri oleh Ketua GPMB, Perwakilan Perpusnas RI, Sekjen IKAPI serta 15000 pengunjung yang sebagian besarnya terdiri dari murid, guru, hingga pendamping peserta. Tak sedikit masyarakat sekitar juga turut menyaksikan acara dari awal hingga usai.

Secara tersirat, Bambang Suyanto, Ketua YPAI menyatakan bahwa Gebyar biMBA 2016 ini bertujuan untuk mensosialisasikan Minat baca dengan membangun budaya membaca dan belajar agar negara ini maju.  Hal itu sesuai dengan misi dari GPMB yang menjadi naungan YPAI yaitu menjadikan masyarakat Indonesia cerdas dan berkualitas dengan budaya Minat baca yang dilakukan secara serentak dan berkelanjutan.  Bahkan secara khusus, Drs. Bambang Supriyo Utomo,  M.Lib, merasa salut dengan kiprah YPAI dalam membimbing anak—anak agar gemar membaca serta menyatakan bahwa acara ini memerlukan pemikiran raksasa.

Minat baca merupakan permasalahan besar bangsa, sehingga pemerintah pun harus ikut turun tangan untuk membangun generasi berkarakter pembelajar yang memiliki Minat baca.  Program pemerintah untuk mendekatkan buku dengan masyarakat pun  menjadi dasar YPAI untuk bergandengan tangan dengan GPMB, Perpustakaan Nasional RI dan IKAPI.  Bentuk nyatanya yaitu adanya book fair dan Perpustakaan Elektronik Keliling (Pusteling) di area acara.

Sinergi ini diapresiasi oleh Dra.Woro Titi Hariyanti, MA, perwakilan Perpusnas RI dalam sambutannya,

“Harapan saya acara yang terselenggara dari sinergi ini dapat memotivasi Minat baca dan menggairahkan perbukuan di Indonesia dengan adanya pameran buku.  Dan ini untuk mendekatkan buku dengan masyarakat.  Jika buku dekat dengan masyarakat, maka  masyarakat akan menjadi lebih cerdas, karena potensi yang ada di dalam diri dapat berkembang semaksimal mungkin.”

Banyak kegiatan seru selama gebyar biMBA 2016 berlangsung. Mulai dari talkshow pendidikan bersama Najwa Shihab (Duta Baca 2016-2020), pentas baca, lomba mewarnai, lomba mendongeng meotivator, pertunjukan badut sulap, cosplay, musik dan tari-tarian, hingga Kids Playland yang ada di area pelaksanaan. Ada juga bazar makanan dan foodtruck untuk yang suka kulineran.

Senam Gemu Fa Mi Re yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dipertunjukkan saat acara gebyar biMBA 2016. Seluruh pengunjung yang hadir, baik murid biMBA, motivator, staf, para tamu undangan dan masyarakat setempat, juga ikut memeriahkan acara dengan ikut serta senam bersama-sama. Menariknya, senam ini serentak dilakukan di lima panggung.(Nik/Ern/Bim)

Sambutan dari Pak Rudi, Ketua Panitia Gebyar biMBA 2016
Sambutan dari Pak Rudi, Ketua Panitia Gebyar biMBA 2016
Lomba Mewarnai Gebyar biMBA 2016
Lomba Mewarnai Gebyar biMBA 2016
Sambutan Pak Bambang Suyanto, Ketua YPAI
Sambutan Pak Bambang Suyanto, Ketua YPAI
Dra.Woro Titi Hariyanti, MA, perwakilan Perpusnas RI
Sambutan dari Dra.Woro Titi Hariyanti, MA, perwakilan Perpusnas RI
Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib
Sambutan dari Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib, Ketua GPMB
Pentas Baca Gebyar biMBA 2016
Pentas Baca Gebyar biMBA 2016
Book Fair Gebyar biMBA 2016
Book Fair Gebyar biMBA 2016
Pusteling
Pusteling
Salah Satu Peserta Lomba Mendongeng Motivator
Salah Satu Peserta Lomba Mendongeng Motivator
H.Kasir, Kepala Kepariwisataan Kabupaten Bekasi Membuka Gebyar biMBA 2016
H.Kasir, Kepala Kepariwisataan Kabupaten Bekasi Membuka Gebyar biMBA 2016
Tarian Daerah di Gebyar biMBA 2016
Tarian Daerah di Gebyar biMBA 2016