76 Views

Seminar Sehari Bersama Kak Seto di Cimahi

 

cimahi2
Bagaimana suasana Seminar Sehari Bersama Kak Seto di Cimahi 4 Juni 2011?

Tahun ini biMBA-AlUEO mengadakan Road Show di 5 (lima) kota besar di Indonesia, se –Jawa dan Bali. Diawali di kota Cimahi yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga setempat dan didukung sepenuhnya oleh Walikota Cimahi, Ir. H. M. Itoch Tochija, MM.

“Membangun Karakter MINAT Baca dan Belajar Anak Sejak Usia Dini”, adalah tema dari seminar kali ini, dengan pembicara utama Kak Seto (Dr. Seto Mulyadi, S. Psi, M. Psi) dan Dr. Ir. Sudarsono H, MA, SH, selaku sekretaris dari Yayasan Pengembangan Anak Indonesia.

Seminar diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Juni 2011, bertempat di Cimahi Convention Hall, Cimahi. Dibuka secara resmi oleh : Walikota Cimahi, Ir. H. M. Itoch Tochija, MM, sekitar pukul 08.45 WIB.

Peserta seminar yang berjumlah tidak kurang dari 2.000 orang, telah memadati Cimahi Convention Hall sejak pukul 06.30 WIB. Terdiri dari para orang tua yang memiliki anak usia dini, motivator, penyelenggara PAUD dan pemerhati pendidikan.

Peserta seminar tampak sangat antusias mengikuti acara demi acara, terlebih ketika memasuki sesi senam otak. Peserta seminar termasuk Bapak dan Ibu Walikota beserta staf, melakukannya dengan penuh semangat, dibawah panduan ketiga Trainer biMBA-AIUEO.

Penampilan anak didik biMBA-AIUEO Unit Cimahi, ternyata cukup memukau Bapak dan Ibu Walikota beserta staf dan peserta seminar. Pada sesi ini, dengan dipandu oleh salah seorang trainer biMBA-AlUEO, anak-anak itu tanpa rasa canggung memperlihatkan kepiawaian memverbalkan kata atau kalimat. Kekaguman itu masih berlanjut saat Bapak Walikota dan Ibu Hj.Atty Suharti Tochiya yang juga selaku Pembina HIMPAUDI Cimahi berkenan memperlihatkan lembaran kata yang harus dibaca oleh anak didik biMBA-AlUEO dan jawaban yang diberikan mereka tepat.

Dr. Seto Mulyadi, S.Psi,M.Psi atau yang lebih popular dengan panggilan Kak Seto yang tampil dengan pakaian khas Indonesia yaitu batik, menyampaikan beberapa hal antara lain adalah :

Belajar tidak boleh dipaksakan pada anak-anak terlebih anak usia dini, tapi harus dilakukan dengancara dan suasana yang menyenangkan.
Peran aktif orang tua dalam memberi contoh kepada anak – anak untuk melakukan aktifitas membaca sangat diperlukan.
Orang tua harus selalu menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah sehingga anak-anak akan selalu merasa senang dalam melakukan berbagai kegiatan termasuk belajar

Ajakan Dr. Ir. Sudarsono H, MA, SH selaku pembicara kedua kepada seluruh peserta seminar antara lain adalah :

  1. Membangun Bangsa dan Negara Indonesa melalui pendidikan anak sejak usia dini.
  2. Menerapkan metode biMBA-AlUEO dalam mendidik anak agar memiliki MINAT Baca dan MINAT Belajar.
  3. Mengajak dan memberi kesempatan kepada seluruh peserta seminar menjadi motivator mandiri.

Motivator mandiri adalah konsep kemitraan biMBA-AlUEO berupa penyelenggaraan satuan pendidikan ke-biMBA-an atau mengisi subtansi ke-biMBA-an pada satuan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak yang telah berkembang selama ini. Yang dimaksud dengan pendidikan ke-biMBA-an adalah pendidikan yang khusus menekankan pada pembentukan karakter MINAT Baca dan MINAT Belajar anak sejak usia dini.

Menjelang akhir acara, Kepala Divisi Pengembangan Usaha biMBA-AlUEO, Mochammad Hamdani, SE memberi paparan tata cara dan ketentuan menjadi Motivator Mandiri, diantaranya adalah:

  1. Mengisi formulir pengajuan sebagai motivator mandiri
  2. Calon Motivator adalah lulusan min SLTA baik pria atau pun wanita.
  3. Bersedia bekerjasama dengan biMBA-AlUEO.

Rangkaian acara seminar ditutup secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Daerah/Kota Cimahi, Drs. H. Bambang Ari Nugroho.

 

 cimahi-3 cimahi-4 cimahio-1