15 Views

Sepotong Surga di Pinggiran Kota

DSCN0220-kecil

Seperti apa sepotong surga di pinggiran kota?

Salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta terhadap tanah air kepada anak-anak adalah mengajak mereka menikmati keindahan alam negeri ini.   Telaga Arwana Cibubur, sebuah objek wisata alam yang terletak di pinggiran ibu kota tepatnya Jakarta Timur ini menyajikan kesejukan udara dengan pepohonan yang rindang, kolam-kolam ikan yang bertebaran bahkan hingga di sisi – sisi sebuah mushola yang ada di sana. Ada juga kolam renang, tempat pemancingan, wahana untuk titian tambang, flying fox dan lainnya.

Sabtu, 20 Desember 2014 murid-murid biMBA-AIUEO unit Belly Pekayon mengunjungi tempat wisata tersebut. Berbagai kegiatan dilaksanakan secara gembira oleh para murid dan orangtua mereka sejak pagi mereka tiba di lokasi hingga menjelang sore saat akan beranjak pulang.

Jam menunjukan pukul 10.00  WIB saat bus pariwisata yang mengangkut rombongan tiba di Telaga Arwana Cibubur  dan langsung menuju serta berkumpul di saung.    Acara dibuka oleh Ibu Lina, motivator biMBA unit Belly Pekayon yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Unit, Ibu Tami.   Dalam sambutannya, Ibu Tami menyampaikan terima kasih kepada orangtua yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya acara wisata edukasi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pentas baca dan dikte.  Dalam acara ini tampak dengan jelas minat baca dan belajar serta kemampuan anak-anak biMBA.   Saat sesi dikte, anak-anak tampak menyimak dengan baik setiap kata atau kalimat yang disebutkan oleh motivator kemudian mereka menuliskannya di white board  berukuran sedang.  Pentas baca dan dikte berlangsung hingga tengah hari saat istirahat tiba.  Rangkaian acara kemudian dihentikan sementara untuk makan siang, sholat, dan istirahat.

Arahan diberikan seusai waktu istirahat selesai dari pihak tempat wisata kepada anak-anak dan orangtua tentang acara yang akan dilangsungkan di luar saung.  Anak-anak pun mulai berbaris menuju tempat kegiatan selanjutnya. Berbagai persiapan pun dilakukan seperti mengenakan peralatan keselamatan bagi anak-anak yang akan melakukan titian tambang ataupun flying fox. Kegiatan lainnya adalah menangkap ikan dan berenang.

Keceriaan dan kegembiraan anak-anak tergambar jelas di wajah dan celoteh mereka.  Meskipun beberapa anak tidak melanjutkan keinginan awalnya melakukan flying fox namun yang lainnya tampak begitu semangat. Bahkan saat kegiatan renang baru berlangsung beberapa menit hujan mulai turun dan orangtua pun mulai mencari tempat untuk berteduh, kegiatan renang tetap berlangsung.  Hanya beberapa orangtua dan guru yang masih bertahan di bawah payung untuk mengawasi keadaan anak-anak tersebut.

Menjelang sore hujan mulai reda anak-anak pun dipanggil berkemas-kemas untuk pulang. Penat dan lelah hampir tidak dirasakan.  Hanya ada perasaan senang dan gembira menikmati setiap sesi acara.  Secuil informasi berharga telah anak-anak dapatkan bahwa negeri ini memang indah dan menyimpan banyak kekayaan.  Anak-anak juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengelola kelestariannya di kemudian hari.(Wy/Nikk)

Pentas Baca
Pentas Baca
Menulis di White Board Saat Dikte
Menulis di White Board Saat Dikte
Berbaris
Berbaris
Arahan Kegiatan Outbond
Arahan Kegiatan Outbond
Siap untuk Flying Fox
Siap untuk Flying Fox
Meniti Jembatan Tambang
Meniti Jembatan Tambang
Menangkap Ikan
Menangkap Ikan