136 Views

Serunya Membuat Wayang dari Batang Daun Singkong

DSCF5136

Suasana gembira yang terlihat pada wajah anak-anak biMBA saat membuat wayang tradisional. Wayang tersebut berbeda dari wayang biasanya, karena dibuat dengan menggunakan batang daun singkong. Kegiatan ini diadakan oleh biMBA-AIUEO Unit Villa Bintaro Indah di Desa Wisata Cinangneng, Ciampea, Bogor, Jawa Barat pada hari Sabtu, 5 Desember 2015. Seperti apa serunya membuat wayang dari batang daun singkong  ini?

Anak-anak beserta orangtua dengan saksama memperhatikan arahan dari instruktur perempuan, yang biasa dipanggil “teteh” dalam bahasa sunda berarti kakak perempuan. Batang daun singkong seakan begitu mudahnya dilekukan ke kanan dan ke kiri oleh teteh yang sedang membentuk tangan, badan hingga kepala wayang. Sementara bagian kaki wayang ditutup menggunakan  daun singkong. Setelah wayang selesai dibuat, hasilnya  mirip perpaduan bentuk antara wayang kulit dan wayang golek. Anak-anak pun tersenyum gembira menerima wayang yang diberikan oleh teteh.

Beberapa orangtua murid yang mencoba membuat wayang mengikuti arahan dari teteh ada yang berhasil, namun tak sedikit juga yang gagal. Kegagalan terutama karena batang daun singkong patah saat ditekuk untuk membentuk anggota badan wayang. Selain pembuatan wayang, ada juga kegiatan lainnya seperti pentas baca,mengunjungi para pengrajin alat rumah tangga, belajar menanam padi, memandikan kerbau, belajar membuat minuman kesehatan dan makanan ringan tradisional, belajar  tari dan gamelan daerah Sunda, termasuk angklung. Murid-murid dan orangtuanya sangat menikmati setiap acara yang  mereka lakukan. Hujan deras yang turun menjelang sore justru menyejukan suasana sebagai pengganti cuaca panas sebelumnya. (wy/vda)

Antri sebelum masuk Desa Cinangneng
Antri sebelum masuk Desa Cinangneng
Sambutan dari Kepala Unit
Sambutan dari Kepala Unit
Memandikan Kerbau
Memandikan Kerbau
Pentas Baca
Pentas Baca
Membuat Wayang dari Batang Daun Singkong
Membuat Wayang dari Batang Daun Singkong