31 Views

Solusi Meningkatkan Minat Baca pada Anak

minat baca

Adakah kaitan antara hobi membaca dan Minat baca? Memiliki hobi membaca akan memberikan banyak manfaat bagi anak anda, misalnya saja seperti manfaat berupa pengetahuan yang luas. Selain itu, anak yang gemar membaca pun akan lebih cerdas. Sebagai orangtua, kita dapat membantu anak-anak kita agar dapat menyukai kegiatan membaca.

Banyak hal yang dapat kita perbuat seperti misalnya memberikan banyak buku yang menarik, memberikan motivasi serta imajinasi yang baik. Nah, jika Anda ingin meningkatkan Minat baca pada anak anda, di bawah ini terdapat beberapa tips atau solusi meningkatkan Minat baca pada anak yang dapat Anda lakukan supaya anak mendapatkan beragam manfaat baik dari membaca.

1. Berikan Contoh yang Baik

Anak merupakan seorang peniru yang hebat. Oleh karena itu, rasanya sebagai orangtua kita wajib untuk memberikan contoh perilaku gemar membaca jika kita ingin anak kita pun memiliki hobi membaca. Caranya cukup mudah, sebagai orangtua, kita hanya perlu mencontohkan perilaku membaca pada waktu senggang. Hal ini akan memunculkan rasa penasaran pada anak dan lama-kelamaan anak akan meniru perilaku kita.

2. Berikan Buku yang Menarik Untuk Anak

Ini adalah cara yang sangat efektif untuk menumbuhkan Minat membaca pada anak. Anda dapat melakukannya dengan berlangganan majalah secara teratur yang sesuai dengan usia anak anda atau dengan cara membelikan anak buku dengan tipe berseri. Hal ini akan membuat anak menjadi tertarik dan selalu mencoba untuk belajar membaca buku tersebut.

Nah, untuk mempermudah anak anda, anda dapat menempatkan buku buku tersebut pada sebuah rak yang rapi. Selain itu, letakkanlah rak tersebut pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.

3. Ajak Anak ke Toko Buku

Mengajak anak ke toko buku secara tidak langsung akan membuat anak menyukai kegiatan membaca. Mengapa? Hal ini karena anak dapat memilih buku yang membuatnya tertarik yang pastinya akan dibaca saat sudah sampai di rumah nantinya. Selain itu, kegiatan ini pun memiliki manfaat lain seperti membuat anak tahu berbagai macam genre buku serta dapat menjadi waktu berkualitas bagi Anda dan anak.

4. Bahas Buku yang Menarik dengan Anak

Saat anda sedang dalam suasana santai dengan si buah hati, maka Anda dapat membahas mengenai buku buku menarik yang dia baca. Mintalah anak untuk menceritakan kembali apa yang telah dia baca. Selain itu, Anda pun dapat memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara membaca yang baik dan benar. Hal ini akan memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan Minat membaca pada anak.

5. Biarkan Anak Menyusun Buku-Buku dalam Rak

Membiarkan anak merapikan atau menyusun bukunya sendiri pada rak yang telah tersedia ternyata memiliki manfaat dalam menumbuhkan Minat baca sejak dini. Mengapa? Selain dapat mengajari anak anda untuk selalu menyimpan buku dengan baik, hal ini dapat membuat anak anda memiliki keinginan untuk selalu menambah koleksi bukunya.

Nah, keinginan untuk selalu mengumpulkan atau mengkoleksi buku buku inilah yang dapat memacu tumbuhnya Minat membaca pada anak-anak kita. Oleh karena itulah, seperti yang telah disinggung tadi, maka letakkanlah rak buku pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak. (JPA/Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache