51 Views

Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Ayah bunda, setiap anak memiliki kemampuan membaca yang berbeda meskipun usianya sama. Apabila bacaan yang diberikan kepada anak terlalu sulit makan anak juga sulit untuk memahaminya. Kita bisa memilih buku bacaan yang sesuai dengan kemampuan buah hati kita agar mereka dapat menikmatinya.

kemampuan membaca

Tahukah mengapa anak lebih suka membaca komik dibandingkan buku lainnya? Karena membaca komik tidak membutuhkan konsentrasi dan analisa, kata yang digunakan tidak banyak. Selain itu juga didukung oleh ilustrasi yang menarik. Nah kita juga bisa mencari buku yang terdapat gambar di dalamnya untuk menarik perhatian anak.

Pilihlah bahan bacaan yang ada perbendaharaan kata yang baru dan harus sesuai dengan kemampuan anak. Awalnya ajarkan anak agar mengenal huruf, selanjutnya kata, kalimat dan paragraf, ketika anak membaca dari awal anak akan terlatih menganalisa kalimat yang panjang serta dapat mengasah pemahamannya.

Kemampuan membaca anak akan semakin meningkat dengan latihan yang dilakukan dengan terus menerus. Agar anak mau melakukan latihan maka anak harus melalui proses belajar membaca yang menyenangkan. Jadi kunci untuk meningkatkan Minat Baca anak adalah dengan proses yang menyenangkan, pembelajaran yang bertahap dan sesuai kemampuan anak, serta kita juga harus paham keinginan dan kemauan anak pada saat proses belajar. (Ern)