38 Views

Strategi Meningkatkan Minat Baca Anak

Tahukah Anda bahwa berdasarkan studi atau survey yang dilakukan lembaga Internasioal bahwa Minat baca anak di Indonesia tergolong yang paling rendah di antara anak-anak dari negara lain. Negara lain yang dimaksud bahkan bukanlah negara-negara maju di Eropa atau pun Amerika melainkan dengan negara-negara di kawasan Asia sendiri. Hal ini tentu kenyataan yang cukup memprihatinkan mengingat di tangan merekalah kelak kemajuan negara ini akan diwujudkan.

minat baca anak

Anak yang tidak suka membaca tentu berdampak pada minimnya ilmu pengetahuan yang bisa diserap dan minimnya pengetahuan, sehingga akan berimbas negatif pada kualitas sumber daya manusia. Lalu bagaimana mungkin generasi muda dengan kualitas SDM yang minim bisa melakukan hal-hal yang besar untuk membangun negaranya atau berbuat banyak untuk lingkungan sekitarnya? Hal ini bukanlah suatu permasalahan yang sederhana dan pemerintah serta pihak-pihak terkait harus segera mengambil tindakan sebagai solusi dari persoalan ini.

Penyebab rendahnya Minat baca anak
Minimnya Minat baca anak sesungguhnya dipengaruhi oleh berbagai macam penyebab tetapi yang utama adalah karena faktor lingkungan. Secara umum lingkungan dibagi menjadi dua yaitu lingkungan keluarga serta lingkungan masyarakat. Bagi seorang anak lingkungan keluarga adalah yang memegang peranan penting karena merupakan faktor utama dalam mempengaruhi kepribadiannya. Inilah sebabnya sosok ibu memegang peran besar untuk membentuk karakter putra-putrinya.

Di tanah air sendiri kebiasaan membaca memang bukan merupakan warisan dari nenek moyang kita karena sejak dahulu kita terbiasa untuk mendapatkan informasi secara lisan seperti mendongeng atau bercerita. Inilah sebabnya generasi berikutnya juga terbiasa mencari informasi tidak dalam bentuk tulisan melainkan lisan seperti mendengarkan radio, menonton televisi, hingga informasi yang diperoleh dari mulut ke mulut.

Bagi orang tua masa kini kebiasaan membaca bisa diajarkan asalkan dilakukan sedini mungkin dan tentunya dengan orangtua sebagai teladannya. Inilah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan di rumah untuk menumbuhkan Minat baca anak:
1. Sejak dini kenalkan buah hati dengan buku. Saat mereka belum bisa membaca sebelum tidur atau kapan pun ada waktu luang bacakan cerita kepada mereka. Pilihlah kisah-kisah pendek serta buku dengan ilustrasi yang menarik bagi anak-anak dan berwarna-warni. Hal ini akan menarik perhatian mereka dan merangsang keinginan untuk belajar membaca.
2. Saat buah hati mulai ingin belajar membaca lakukan dengan santai dan dalam suasana bermain. Bila dia bosan jangan dipaksa karena hal ini bisa menimbulkan trauma yang membuatnya mengingat membaca sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan.
3. Bila memungkinkan sediakan rak buku khusus yang mudah dijangkau dengan buku-buku koleksi pribadi khusus untuk anak-anak. Dengan demikian mereka bisa menjangkau sendiri buku-buku favorit mereka.
4. Sesekali ajaklah si kecil ke toko buku dan memilih sendiri buku yang mereka inginkan. Ini akan menjadi pengisi waktu luang yang lebih berkualitas dibandingkan berjalan-jalan di Mall tanpa tujuan atau sekedar makan di luar. Bila dana yang tersedia untuk membeli buku tak terlalu besar Anda bisa membawa si kecil ke toko buku bekas. Pilihlah buku-buku dengan kondisi yang masih layak dan Anda juga bisa menghemat pengeluaran Anda.
5. Bagi anak-anak yang sudah lebih besar setiap kali selesai membaca sebuah buku minta mereka untuk menceritakannya kembali atau tanyakan pendapat mereka tentang cerita tersebut terutama buku-buku dengan pesan moral yang baik.

Hal ini selain dapat meningkatkan Minat baca anak juga berperan dalam menanamkan karakter diri yang positif. Nah, semoga bisa menginspirasi Anda. (Cw/Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache