435 Views

Strategi Meningkatkan Minat Belajar Anak

minat belajar

Membangun Minat memang harus dari dalam diri anak sendiri tanpa adanya paksaan, tetapi kita juga bisa membantu anak agar Minat mereka terus tumbuh berkembang, Sebagai orang dewasa yang mendidik anak di sekolah atau di rumah harus paham bagaimana membangkitkan Minat belajar anak. Adapun langkah-langkah dalam meningkatkan Minat Belajar, yaitu:
Memancing rasa penasaran anak
Perhatian anak biasanya muncul karena didorong oleh rasa ingin tahu, untuk merangsang rasa penasaran anak kita harus mampu memberikan alasan yang kuat, mengapa bisa terjadi hal semacam itu? Hubungkan pula materi pembelajaran dengan kebutuhan dan kondisi si anak, kita jelaskan dengan bahasa tubuh yang meyakinkan dan semangat luar biasa dalam mengajar anak.
Karakter guru
Ketika masih duduk di bangku sekolah pasti kita juga memiliki guru favorit dan kesal dengan guru yang marah-marah terus. Maka dari itu karakter guru juga dapat membangkitkan Minat belajar anak. Biasanya guru yang disukai muridnya adalah guru yang sabar, menerapkan 3 S (Senyum, sapa, santun), baik, bersikap adil, menghargai kekurangan dan kelebihan siswa, disiplin, tidak mengancam dan memiliki semangat belajar.
Suasana kelas yang nyaman dan tenang
Lingkungan yang tenang dan nyaman dapat merangsang anak melakukan kegiatan yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Maka dari itu suasana kelas harus dibuat senyaman mungkin dan guru memberikan fasilitas belajar agar proses belajar menjadi lebih efektif.
Strategi belajar di rumah
Ayah bunda mendidik anak dalam belajar baca bukan hanya tugas seorang guru tetapi juga kita sebagai orangtua, mengenal anak dengan baik, menyediakan waktu dan perhatian juga akan membantu anak meningkatkan Minat bacanya. Bagaimana strategi yang tepat?
1. Menyediakan waktu untuk membacakan buku setiap hari. Sebuah penelitian memaparkan bahwa membacakan anak buku dengan suara lantang secara rutin akan menghasilkan perkembangan yang siginifikan pada pemahaman kosa kata dan pemenggalan kata. Bagi anak usia dini akan membuat mereka berkeinginan membaca dengan sendirinya, dengan membacakan anak buku setiap hari 15 menit bisa meningkatkan Minat baca anak.
2. Biasakan pergi ke perpustakaan atau toko buku, di sana anak akan leluasa memilih buku yang mereka suka. Banyak buku yang bisa menarik perhatian anak hanya dengan melihat cover buku, namun kita perlu teliti dalam memberikan bacaan kepada anak, apakah buku tersebut sesuai dengan usia anak saat ini.
3. Cari tahu masalah anak dalam membaca perlu kita lakukan, apakah anak ada kesulitan dalam membaca, lakukan kerjasama dengan guru di sekolah untuk mencari solusi atas masalah yang dialami anak.
4. Membantu mengembangkan Minat baca anak harus dilakukan secara variatif artinya tingkat konsentrasi anak tidak panjang dan mereka mudah teralihkan oleh sesuatu yang menarik perhatian anak. Proses belajar membaca harus menyenangkan seperti bermain agar anak tidak merasa bosan.
5. Berikan anak dukungan dan motivasi kepada anak yang sedang belajar membaca, pastikan kita memberikan pujian yang tulus atas usaha kerja keras anak.Ini merupakan beberapa hal yang bisa membantu anak semakin meningkat Minat belajarnya, yuk kita terapkan strategi ini di rumah. (Ern)