34 Views

Strategi Menyenangkan dalam Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Membaca

Kita semua tahu bahwa membaca memberi banyak manfaat bagi siapapun yang membacanya, begitu juga dengan anak, saat ia memasuki bangku pendidikan yang lebih tinggi, anak tak akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. Namun tidak semua anak menyukai kegiatan membaca. Kebanyakan dari mereka justru lebih suka bermain gadget atau games.

Ayah bunda, cobalah strategi berikut ini agar membaca menjadi kegiatan  yang menyenangkan bagi anak:

1.     Jangan memaksa

Terkadang anak lebih menyukai komik dibandingkan dengan buku pelajaran sekolah. Komik lebih mudah dibaca dan singkat berbeda dengan buku pelajaran yang tebal, namun jangan sekalipun membunuh kegiatan membacanya meskipun anak hanya membaca sebuah komik. Cara paling ampuh agar anak mau membaca adalah dengan tidak memaksanya membaca buku yang tidak disukainya.

2.     Sesuaikan dengan Minat anak

Disaat anak menyukai tokoh kartun atau apapun, rangsanglah Minat membacanya dengan tokoh tersebut. Misalnya dengan memberikan buku yang bergambar tokoh yang disukainya. Lain hal  misalnya anak menyukai pesawat terbang, mobil-mobilan, boneka dan lain-lain. memberikan buku sesuai dengan Minat anak akan mengalihkan perhatian anak untuk membaca buku.

3.     Ajak anak memilih buku

Minta anak untuk memilih buku yang menurutnya baik, dari situ kita bisa mendapat gambaran buku seperti apa yang akan ia sukai. Tanya terlebih dahulu pada anak apakah buku ini menarik untuk dibaca? Tentu saja sebelum membeli kita harus terlebih dahulu mengetahui kualitas dari buku yang akan dibaca anak.

Ayah bunda, Yuk kita coba beberapa strategi tersebut agar anak bisa menjadikan kebiasaan membaca sebagai seseuatu yang menyenangkan. Tetap semangat dan terus belajar. (Ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache