41 Views

Sungkeman Menjelang Pelepasan

unnamed 1

Tradisi sungkeman biasa dilakukan oleh suku dari tanah Jawa,  baik di Jawa Barat, Tengah maupun Timur. Biasanya dilakukan secara sakral  yaitu seorang anak bersimpuh di panggkuan orangtuanya atau yang dituakan untuk meminta maaf atau restu.
Kali ini prosesi sungkeman menjelang pelepasan dilaksanakan oleh murid-murid lulusan level  IV  biMBA-AlUEO unit Meruya Selatan kepada  kepala unit mereka, Bunda Hj. Cucu Mulyati.

Prosesi  sungkeman diawali dengan Bunda Hj. Cucu Mulyati duduk  di kursi  di atas panggung, murid-murid lulusan level IV berbaris di kanan bawah panggung. Satu persatu murid dipanggil untuk sungkeman oleh MC, Kak Riema dengan diiringi suara Kak Tian melantunkan lagu “Bunda” ciptaan Melly Goeslaw.

Suasana yang semula semarak kini perlahan menjadi haru. Setiap murid yang bersimpuh, air matanya bergulir membasahi pipi. Bahkan ada seorang murid perempuan belum menaiki panggung apalagi bersimpuh namun sudah menangis. Alunan musik dan suara Kak Tian yang membawakan lagu “Bunda”  semakin membuat perasaan haru bukan saja bagi murid dan guru, tetapi juga orangtua murid dan semua yang hadir.

Masing-masing murid setelah mendengar pesan dan nasihat yang disampaikan oleh Bunda Cucu dengan cara berbisik, kemudian berdiri di belakang. Setelah seluruh murid lulusan level IV mendapatkan gilirannya , mereka pun berangkulan dengan kepala unit dan para motivatornya. Begitu mengharukan. Bahkan saat alunan lagu “Bunda” selesai dilantunkan oleh Kak Tian, suasana haru masih terasa.

Menurut kepala unit biMBA Meruya Selatan, Bunda Cucu, sungkeman adalah salah satu acara dari pelepasan. Acara lainnya seperti pentas baca, tari-tarian, pembacaan puisi, grup vokal yang sengaja ditampilkan sebelum prosesi pelepasan lulusan level IV dilaksanakan. Tujuannya agar murid-murid yang sebentar lagi akan meninggalkan biMBA akan tetap mengingat jasa para gurunya yang tulus ikhlas serta rasa kasih sayang telah membimbing mereka selama ini. Sementara itu jumlah lulusan level IV tahun ini sebanyak lima belas anak dari seratus lima murid yang ada. (Wy)

Suasana Haru Saat Sungkeman
Suasana Haru Saat Sungkeman
Berfoto Bersama
Berfoto Bersama

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache