15 Views

Tarik Garis di Atas Panggung

tarik garis

Bagaimana suasana tarik garis di atas panggung?

Tarik garis adalah salah satu cara bimbingan yang diterapkan di biMBA-AIUEO secara umum. Tarik garis mulai diperkenalkan kepada murid pada tahap bermain dengan modul. Tepatnya saat motivator menganggap muridnya sudah “menguasai” verbal kata. Tarik garis sejalan dengan waktu dapat memperlihatkan sejauh mana kemampuan murid terhadap permainannya (di luar komunitas biMBA disebut pelajaran) baik berupa permainan baca maupun logika matematika (pelajaran matematika).  Halaman atau lembar modul baca atau pun logika matematika terbagi dua sisi. Sebelah kiri berupa tulisan huruf atau angka sebagai sebuah pertanyaan dan sebelah kanan berupa gambar sebagai jawaban. Murid pertama kali akan dibimbing untuk menyelesaikan pertanyaan dengan cara membaca ataupun menghitung. Kemudian setelah itu tinggal mencari jawaban di sebelah kanannya. Setelah ketemu tinggal ditarik garisnya. Maka permainan pada tahap itu sudah selesai.

Pada Sabtu, 20 Desember 2014 biMBA-AIUEO Unit Grya Bintara Indah mengadakan sebuah acara pentas seni dalam rangka memperingati hari Ibu. Salah satu acaranya adalah tarik garis. Namun kali ini tarik garis tidak dilakukan di dalam kelas dan bukan pada sebuah lembar modul, tetapi dilakukan di atas panggung pada sebuah white board. Sama halnya dengan lembar modul, permukaan white board pun terbagi dua sisi sebelah kiri untuk pertanyaan berupa huruf atau angka sementara sisi kanan untuk jawaban berupa gambar.

Para peserta yaitu murid-murid biMBA-AIUEO Unit Grya Bintara Indah secara bergilir sesuai panggilan naik ke atas panggung. Mereka dibimbing oleh kepala unit maupun motivator menyelesaikan pertanyaan di sisi kiri pada white board kemudian mencari jawabannya di sebelah kanan terakhir menarik garis penghubung antara kedua sisinya. Tampak pada setiap wajah peserta rasa gembira menyelesaikan permainan keseharian mereka di dalam kelas. Orangtua yang menyaksikan permainan sejak awal dengan rasa cemas-cemas penuh harap, begitu usai permainan menjadi tahu sejauh mana kemampuan sang buah hati.

Menurut Kepala Unit biMBA-AIUEO Grya Bintara Indah, Ibu Diana Eka Putri selain menampilkan tarik garis, pentas seni ini pun menggelar sederet acara lain, yaitu  lomba mewarnai, pentas baca, baca puisi, tari & lagu, pertunjukan sulap, pengumuman juara, penyerahan bunga dari para murid kepada ibu mereka masing-masing, penyerahan hadiah beserta piala dan acara diakhiri dengan doa penutup.

Ibu Diana Eka Putri menambahkan bahwa acara penyerahan bunga dari murid kepada ibu mereka masing-masing memang dirancang khusus memperingati hari ibu dan sebagai ungkapan rasa terima kasih dan sayang seorang anak kepada ibunya.(Wy)

Registrasi
Registrasi
 Siap Mengikuti Rangkaian Acara
Siap Mengikuti Rangkaian Acara
 Pentas Baca
Pentas Baca
Lomba Mewarnai
Lomba Mewarnai
Tari Kreasi
Tari Kreasi
Pertunjukan Sulap
Pertunjukan Sulap
Persembahan Bunga untuk Ibu
Persembahan Bunga untuk Ibu
Foto Bersama Penyelenggara Acara
Foto Bersama Penyelenggara Acara

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache