Metode biMBA

Metode yang digunakan biMBA-AIUEO

Baca juga:

FUN LEARNING

 

mr-smileFun learning adalah suatu proses belajar yang 100% menyenangkan bagi anak. Lho kok hanya anak saja, bagaimana dengan ibu gurunya??? Guru adalah orang dewasa yang harus bertanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak di kelas. Caranya ??? ibu guru diwajibkan untuk menerapkan 5S ( sambut, senyum, sapa, salam, sebut nama ) selama berada di lingkungan biMBA-AIUEO.

Mengapa pembelajaran di kelas harus  fun learning? Karena tujuan biMBA adalah menumbuhkan MINAT Baca dan belajar Anak. Untuk membuat anak senang dan menyukai kegiatan baca dan belajar tidak ada metode lain selain fun learning. Mengapa demikian? Karena dunia anak adalah dunia bermain, kegiatan belajar untuk anak usia dini harus bersifat kegiatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, metode pengajarannya pun tidak membebani anak

Mengajarkan membaca pada usia dini memang masih menimbulkan perdebatan, apakah sehat mengajarkan membaca pada anak usia dini ? sebenarnya hal itu tergantung dari mana melihatnya. Jika anak diharapkan memiliki kemampuan membaca dengan cara pemaksaan, maka hal itu tidak sehat. Pemaksaan terhadap anak akan berdampak negatif. Dampak yang paling buruk adalah menurunkan IQ anak pada usia produktif. Oleh karena itu para guru dan orangtua yang membimbing anak usia dini seharusnya menjauhkan cara mengajar yang bersifat pemaksaan.

Metode pengajaran biMBA-AIUEO HARUS 100% MENYENANGKAN, jika tidak menyenangkan berarti BUKAN biMBA.

 

SMALL STEP SYSTEM

smallSmall step system adalah proses belajar yang dilakukan secara bertahap, dimulai dari yang mudah. Untuk membuat anak senang dan suka belajar, pemberian materi  harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak memahami materi belajar, sehingga tidak membuat anak merasa terbebani dan stres.

biMBA-AIUEO telah menyusun kurikulum secara bertahap, menggunakan modul yang berisi potongan tema kecil yang berkesinambungan. Setiap tahap mempunyai tujuan masing-masing dan tujuan itu harus terpenuhi sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yang lebih tinggi.

Konsep biMBA-AIUEO adalah bermain sambil belajar.  Materi belajar diberikan dalam suasana bermain seperti mengenalkan huruf, angka dan kata dengan cara berdialog menggunakan bahasa biMBA dan menggunakan sarana lagu sebagai pengantar.  Perlu diketahui bahwa anak usia dini belajar membaca melalui telinga. Lagu-lagu diperdengarkan sebagai pengenalan awal bagi anak sebelum anak mengenal simbol huruf atau angka.

 

INDIVIDUAL SYSTEM

Individual SystemUntuk dapat menerapkan small step system tidak dapat dilakukan secara klasikal harus individual. Individual system adalah proses belajar yang berpusat pada anak sebagai subjek belajar, sedangkan guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Maksudnya??? Anak sebagai subjek belajar berarti kebutuhan dan hak anak benar-benar diperhatikan. Kebutuhan anak adalah bermain sedangkan belajar adalah HAK anak bukan KEWAJIBAN. Materi belajar diberikan dalam suasana menyenangkan yaitu dengan bermain.

Bermain di biMBA bukan bermain ayunan, perosotan ataupun jungkat-jungkit, tetapi  kegiatan apapun yang membuat anak senang itulah bermain. Suatu kegiatan disebut bermain apabila dalam melakukan kegiatan tersebut anak merasa senang, tidak merasa terpaksa ataupun terbebani.

Guru sebagai motivator artinya guru selalu memberikan semangat kepada anak melalui pemberian reward berupa penghargaan ataupun kata-kata positif. Guru sebagai fasilitator artinya guru memfasilitasi memberikan materi belajar sesuai kemampuan dan kemauan anak.

Apa perbedaan klasikal system dengan individual system???  Jika klasikal system semua anak pada saat yang sama mendapatkan materi yang sama. Jika individual system pada saat yang sama setiap anak mendapatkan materi yang berbeda sesuai kemampuan dan kemauan anak.

 

VARIATION SKILL

Variation skill adalah kemampuan guru dalam memvariasikan kegiatan belajar di dalam kelas. Kegiatan di kelas harus memenuhi 3 aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mengapa harus divariasikan? karena kecenderungan anak-anak adalah cepat bosan dan jenuh. Anak-anak tidak bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dan duduk manis berlama-lama. Untuk itu kegiatan yang dilakukan anak harus divariasikan agar mereka tidak jenuh.

 

Program Belajar  biMBA-AIUEO

Proses pembelajaran dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dan perkembangan anak dengan menggunakan program yang telah kami susun. Program-program  tersebut diterapkan dengan menggunakan modul-modul khusus dan sistem pengajaran berdasar multiple intelligentsia.

 Tahap 1

  • Mulai dari dibacakan cerita , permainan kata-kata sangat sederhana, mengenal huruf a ~ z sampai membaca kata-kata sederhana.
  • Mulai dari menyebut satu, dua dan tiga sampai membilang 1 sampai 10

Tahap 2

  • Mulai dengan membaca kalimat sederhana sampai dengan membaca dan mengerti cerita sederhana.
  • Mulai dari menjumlahkan 1+1 sampai dengan menjumlah 10+10

Tahap 3

  •  Anak mampu menulis kata-kata sederhana melalui dikte yang diberikan.
  • Mulai dari pengurangan 2-1 sampai dengan 20-1

 Tahap 4

  •  Anak mampu menulis kalimat sederhana sampai membuat karangan pendek.
  • Logika matematika yaitu dengan menggunakan angka-angka anak diperkuat kemampuan analisa dan sintesanya.

41 Komentar

  1. Apa bedanya bimba pengelola (mitra aktif) dan bimba yayasan. Kl yg d bogor jln gunung batu tetmasuk bimba apa? Sy juga mau minta perincian biaya donk skalian
    1. Ibu Euis,Tidak ada perbedaan antara biMBA Pengelola (Mitra Aktif) ataupun biMBA Yayasan. Hanya pengelolaan saja yang membedakan. biMBA dibawah pengelolaan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia sekitar 10% (yang disebut unit Pasif) dari jumlah unit biMBA yang ada. Sedangkan sisanya kami berikan kesempatan bagi Pengelola Aktif untuk bermitra mendirikan biMBA. Namun Metode & Kualitas biMBA tetap sama. biMBA di Jalan Gunung Batu Bogor termasuk biMBA Aktif. Mengenai perincian biaya, ibu bisa menghubungi unit biMBA terdekat.Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Ibu Frisca,Unit biMBA di Aceh Timur yaitu biMBA GP Jawa (1149) Jl. Peutua Husen. Lingk. Tengah. Kel. Gampong Jawa. Kec. Idi Rayeuk. Kab. Aceh Timur. NANGGROE ACEH DARUSSALAM 24454. 0852-17779118Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  2. Saya mau tanya,anak saya sudah kelas 1 SD tapi dia belum bisa membaca ,apakah bisa daftar di bimba ,karena anaknya saya untuk minat belajar nya kurang ,apa di bimba bisa membantu anak saya untuk lebih ada minat belajar nya ,dan apa ada kelas khusus untuk anak usia anak saya,terima kasih
    1. Bapak Ardiansyah syah,biMBA-AIUEO adalah program Minat Baca dan Minat Belajar Anak yang berfokus pada proses, bukan pada hasil. Terbukti metode ini lebih berhasil meningkatkan kemampuan baca dan belajar anak daripada metode yang menekankan pada hasil.biMBA-AIUEO bukan tempat les atau kursus membaca, karena yang kami tumbuhkan adalah Minat atau keinginan anak untuk baca dan belajar, bukan karena paksaan orangtua ataupun guru, melainkan karena anak ingin dan senang melakukannya.Mengenai informasi kelas, Bapak bisa menghubungi unit biMBA yang terdekat dengan kediaman. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  3. Assalamualaikum kak saya mau tanya, kalau daftar jadi guru di bimba itu syaratnya apa ya kak? Lulusan sarjana atau lulusan SMA pun bisa? Daftarnya langsung datang ke lokasi bimba terdekat atau gimana ya kak? Mohon penjelasan nya,terimakasih sebelumnya kak..
    1. Waalaikumsalam Ibu Sunia Sari Umboro,Untuk informasi lowongan pekerjaan, ibu bisa menghubungi : Divisi Rekrutmen biMBA-AIUEO Gedung China Construction Bank Indonesia (CCBI)/ Ex. Wisma Bank Windu Lt. 5 Jl. Letjen S Parman kav 92 Jakarta Barat 11420 Telepon: (021)56962843Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  4. Saya mau tanya donk,anak saya baru saya daftarkan minggu ini di bimba aiueo cabang Jurang Mangu yg di Jln.Japos Raya. Apa benar itu cabang resmi bimba? Soalnya pendaftaran saya tanyakan tidak membutuhkan dokumen apa2 seperti akte atau kk atau ktp orangtua pdhl yg saya tau bimba ditmpt lain butuh itu untuk evaluasi setiap bulannya rapot dan sertifikat juga ijazah untuk murid2nya. Sudah saya tanyakan ke pihak yg mengelola dikantor tmpt itu dan jawabannya hanya kami disini gak perlu pakai persyaratan itu bunda. Dan jawabannya juga dia bilang bimba disini yg kelola pribadi bukan pusat resmi Bimba aiueo. Itu gimana yaa mksdnya? Mohon info jelasnya karna saya juga tidak mau menyesal dan rugi nantinya buat saya dan anak saya.
    1. Ibu Kiki Purnama Sari,Tidak ada perbedaan antara biMBA Pengelola (Mitra Aktif) ataupun biMBA Yayasan. Hanya pengelolaan saja yang membedakan. biMBA dibawah pengelolaan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia sekitar 10% (yang disebut unit Pasif) dari jumlah unit biMBA yang ada. Sedangkan sisanya kami berikan kesempatan bagi Pengelola Aktif untuk bermitra mendirikan biMBA. Namun metode dan kualitasnya tetap sama. biMBA di Jalan Japos Raya merupakan unit biMBA aktif.Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  5. Apa dibenarkan saat trial class pertama anak saya membuat kehebohan di kelas dg rebutan meja & memukul pintu, lalu di trial class selanjutnya anak sy di karantina sendiri tanpa ada teman2nya oleh gurunya, apakah ada prosedur “pemisahan” kelas di bimba?
    1. Ibu Nurul,Mungkin bahasa yang lebih tepat bukan dikarantina tetapi ditempatkan di jam yang tidak ramai agar ananda dapat dibimbing dengan lebih intensif oleh motivatornya. Mungkin ananda belum terbiasa dengan suasana ramai di dalam kelas, sehingga proses adaptasi perlu dilakukan secara bertahap.Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  6. Selamat pagi, tiba2 sy tertarik dgn bimba. Anak sy sdh Tk B saat ini sedang kecanduan gadget, anaknya susah tuk fokus mngulang plajaran d rmh. Dskolah guru jg bilang agar mngulang plajaran d rmh. Saran untuk sy dr bimba? Trimakash bnyk
    1. Ibu Desmawati Zuliarni Anugrah,Waalaikumsalam wr.wb,Mohon maaf untuk daerah Padang Panjang Sumatra Barat, belum ada unit biMBA. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Ibu Wulan,Unit biMBA di Jombang yaitu : biMBA Jombatan (0990). Jl. Soetomo No. 52. RW.03. Kel. Jombatan Kec. Jombang. Kab. Jombang. JAWA TIMUR 61419. No HP : 0811-962268Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Ibu Vica,Mohon maaf, belum ada unit biMBA di Kabupaten Lamongan. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Mama Amira,Berikut ini data unit biMBA di daerah Pondok Ranji :1.biMBA Beruang Raya (2335). Jl. Beruang Raya. No. 28. RT. 01/02. Kel. Pondok Ranji. Kec. Ciputat Timur. Kota Tangerang Selatan. BANTEN 15412 2.biMBA Pondok Ranji (0490). Jl. Kenari VII. No. 1. Bintaro Jaya. Sektor II. Blok W3. Kel. Rengas. Kec. Ciputat Timur. Kota Tangerang Selatan. BANTEN 15412. 0821-25443676. 3.biMBA Menjangan 1 (0491). Jl. Menjangan 1. No. 13. RT.04/01. Kel. Pondok Ranji. Kec. Ciputat Timur. Kota Tangerang Selatan. BANTEN 15412. 0857-73473050.Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  7. halo, apakah cabang yang di klender masih buka?? karena saya hubungi sulit sekali. tidak pernah diangkat, dan saya tidak bisa mendatangi langsung karena kerja. saya sangat butuh informasi terkait biaya, waktu belajar dan sistem pembelajarannya. mohon bantuan dan informasi nya. terima kasih
    1. Ibu Ravena Galuh,Berikut ini data unit biMBA di daerah Klender : 1.biMBA Delima Raya Klender (0020). Perumnas Klender. Jl. Delima Raya 99. RT.06/05. Kel. Malaka Sari. Kec. Duren Sawit. Kota Adm. Jakarta Timur. DKI JAKARTA 13460. 0856-92693545. 2.biMBA Bulak Barat (0400). Jl. Bulak Barat 7. No. 3. RT.01/07. Kel. Klender. Kec. Duren Sawit. Kota Adm. Jakarta Timur. DKI JAKARTA 13470. 0815-1909-7372. 3.biMBA Buaran 1 (0531). Jl. Buaran 1 No. 13. RT.007/12. Kel. Klender. Kec. Duren Sawit. Kota Adm. Jakarta Timur. DKI JAKARTA 13470. 021-80239296/0856-92693525.Ibu dapat menghubungi unit biMBA yang terdekat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Ibu Alvisya,Untuk biMBA Pasif, saat mendaftar, siswa akan mendapat Seragam kaos, tas dan Modul Eksklusif. Sedangkan untuk biMBA Aktif karena manajemen dan administrasinya berbeda dengan biMBA Pasif, maka biaya pendaftaran dan perlengkapan yang diberikan saat mendaftar juga bisa berbeda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
        1. Ibu Muti,Tidak ada perbedaan antara biMBA Pengelola (Mitra Aktif) ataupun biMBA Yayasan. Hanya pengelolaan saja yang membedakan. biMBA dibawah pengelolaan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia sekitar 10% (yang disebut unit Pasif) dari jumlah unit biMBA yang ada. Sedangkan sisanya kami berikan kesempatan bagi Pengelola Aktif untuk bermitra mendirikan biMBA. Namun Metode & Kualitas biMBA tetap sama!). Yang didapat saat pendaftaran di biMBA Aktif, tergantung kebijakan mitra.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  8. Pagi…mau tanya apakah boleh, seorang guru bimba menakuti murid nya bila tidak dikerjakan soal yang diberikan dengan mendatangkan guru lain nya.dan memanggil murid nya dengan nada kesal bila murid tidak bisa diatur.
    1. Ibu Dian, Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas informasi yang sudah diberikan. Tindakan seperti mengancam ataupun menakuti anak jelas sangat TIDAK DIPERBOLEHKAN dan di biMBA-AIUEO “HARAM” hukumnya. Karena biMBA bertujuan untuk menumbuhkan MINAT belajar anak secara intrinsik yang berdampak pada tumbuhnya kemampuan anak. Sebagai konsekuensi logis dalam menumbuhkan MINAT belajar, maka proses kegiatan bermain sambil belajar harus sepenuhnya menyenangkan bagi anak. Kepala unit biMBA berkewajiban menegur/mengingatkan motivator apabila kegiatan bermain sambil belajar di dalam kelas tidak dilakukan dalam suasana yang sepenuhnya menyenangkan (fun learning) Apabila kepala unit membiarkan maka silahkan dilaporkan kepada atasan yang lebih berwenang. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Bapak Fadilah Agni,Standar waktu belajar di biMBA seminggu 3x dengan durasi 1 jam setiap pertemuan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  9. Mau tanya apakah guru bimba diperbolehkan membawa HP ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung? Mohon penjelasannya ( Bimba Unit Pekapuran – Depok )
    1. Ibu Nika Zein Syahbana,Menurut Peraturan Tata Tertub Bab 3 Pasal 2 UMUM Point H : Kepala unit/guru tidak diperkenankan menerima/menelpon diluar kepentingan biMBA saat jam kerja kecuali saat dalam keadaan darurat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
  10. Maaf bimba AIUEO anak sya usia mau umur 3 thn kurang 3 bulan lah..tpi jarak antar rumah sama bimba itu agak jauh..maksudnya bimba itu antar jemput dari jam berapa sampai jam brapa atau nginep semacam di panti atau gimana
    1. Ibu Beti,biMBA-AIUEO adalah bimbingan Minat Baca dan belajar Anak. Lamanya bermain di biMBA yaitu 1 jam. Maaf ibu, biMBA tidak menyediakan fasilitas antar jemput atau penginapan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Bapak Rusdi Dwi,Pendaftaran biMBA bisa dilakukan setiap saat. Untuk mendapatkan informasi lebih detil, bapak bisa menghubungi unit biMBA yang terdekat dengan lokasi kediaman. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih
    1. Bapak Ramzi Fahmi,biMBA-AIEUO adalah bimbingan MINAT baca dan belajar untuk anak usia 3-6 tahun. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan