76 Views

Testimoni KU Kedungmundu

Kepala Unit Tri Hatmani Testimoni KU biMBA Unit Kedungmundu Semarang
Nama KU : Ibu Tri Hatmani
Unit : Kedungmundu Semarang
Lama di biMBA : 7 Tahun

Bagaimana awalnya ibu mengenal biMBA?
Mengenal biMBA dari lowongan kerja di koran, dan waktu itu saya belum tahu apa itu biMBA. Saya hanya tahu bahwa biMBA lembaga pendidikan anak-anak lainnya, ternyata setelah menjadi KU baru tahu ternyata biMBA luar biasa karena menghasilkan anak-anak usia dini yang memiliki Minat baca dan belajar yang luar biasa juga.

Apa tujuan ibu bergabung dengan biMBA?
Tujuan bergabung dengan biMBA memang sesuai dengan cita-cita saya bisa bekerja di dunia anak-anak selain karena waktu itu saya mencari tempat kerja yang lebih dekat dengan rumah dibanding tempat kerja yang lama. Semakin lama di biMBA saya semakin jatuh cinta dengan biMBA dan tidak mau pindah ke lain hati.

Apa saja kendala ibu selama bertugas sebagai KU?
Kendala awal waktu pertama bergabung dengan biMBA saya bingung dan kesulitan untuk mensosialisasikan biMBA karena saya sendiri belum paham dan yakin tentang biMBA dan manfaat biMBA. Waktu itu saya sering bertanya pada diri sendiri bagaimana mungkin biMBA yang kegiatannya tampaknya hanya bermain dengan modul-modul bisa menghasilkan anak yang memiliki minat baca dan belajar. Namun karena kecintaan saya sama anak-anak, saya terus mempelajari biMBA dan sering ikut mengajar di kelas untuk menemukan jawaban pertanyaan saya sendiri tentang manfaat biMBA.

Bagaimana tanggapan dari masyarakat atau wali murid tentang biMBA?
Awalnya orangtua di daerah kedungmundu menganggap biMBA les baca dan memasukkan anaknya ke biMBA dengan tujuan anaknya bisa mengikuti pelajaran di sekolahnya dan bisa diterima di TK/SD yang diharapkan, sehingga orangtua kalau anaknya sudah lulus level 1 keluar.

Namun seiring berjalan waktu dan semakin banyak anak-anak lulusan biMBA yang memiliki minat baca dan belajar yang berdampak pada kemampuan baca dan belajarnya, orangtua semakin menyadari pentingnya biMBA bagi perkembangan minat baca dan belajar anaknya sehingga orantua tidak buru-buru keluar dari biMBA, tapi menyelesaikan sampai level 4.

Apa saja keuntungan yang ibu dapatkan setelah bergabung dengan biMBA?
Saya menjadi lebih sabar dan setiap saat bisa terus belajar tentang berbagai hal seperti belajar karakter anak dan orangtua. Bagaimana cara menghadapi berbagai karakter tersebut, belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah yang ada baik di unit maupun di keluarga. Belajar untuk terus memperbaiki diri dan tidak menyalahkan oranglain jika kenyataan tidak sesuai dengan keinginan, sehingga saya merasa semakin nyaman dalam menikmati kehidupan.

Apa saja pengalaman berkesan selama di biMBA?
Semua peristiwa di biMBA terutama yang berhubungan langsung dengan anak-anak berkesan buat saya, karena bersama anak-anak hidup menjadi berwarna dan tidak membosankan. Ketika membimbing anak-anak bersama motivator dan orangtua dari mereka belum bisa duduk. Pada akhirnya mereka memiliki minat baca dan belajar yang berdampak pada kemampuan bacanya, rasanya begitu bahagia dan tidak bisa digantikan dengan uang sebanyak apapun. (ern)

Kepala Unit dan Motivator biMBA Kedungmundu