120 Views

Tiga Manfaat Membaca Sejak Dini Bagi Anak

Membaca adalah sebuah kegiatan yang jika dilakukan secara rutin dan dianggap sebagai kebutuhan (bukan hanya sekedar hobi) akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Manfaat membaca ternyata bukan hanya dapat dirasakan oleh kita sebagai orang dewasa, tapi ternyata anak-anak pun akan mendapatkan manfaat yang positif jika memiliki Minat baca yang baik.

manfaat membaca

Seperti yang kita tahu, penduduk dengan Minat baca yang baik akan membuat sebuah negara dapat menjadi negara maju sehingga sejajar dengan negara besar lainnya. Selain itu, sebagai orang tua, kita pasti meinginkan anak kita menjadi insan yang cerdas. Inilah salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari banyak membaca.

Selain manfaat tersebut, ternyata masih banyak lagi manfaat membaca sejak dini bagi anak lainnya yang dapat diperoleh. Apa sajakah manfaat tersebut bagi anak-anak kita tercinta? Berikut ini penjelasannya.

  1. Membantu Menambah Kosakata Anak

Ya, menambah kosakata anak merupakan manfaat dari membaca yang pertama, dengan memiliki Minat baca yang baik, anak pun akan terbiasa mendengar banyak kosakata yang mungkin baru bagi mereka. Hal ini akan membuat mereka memiliki kosakata yang semakin kaya sehingga akan mudah bagi mereka memahami kata yang sering ada di sekitar mereka.

Selain itu, membaca merupakan sebuah cara yang efektif untuk membuat otak anak bekerja dan berkembang karena otak “dirangsang” untuk memperkaya kosakata bahasa yang ada.

Terdapat sebuah penelitian untuk hal ini yang dilakukan di “Rhode Island Hospital”, Amerika Serikat, dimana dibuat 2 kelompok bayi yang berusia 8 bulan/ kelompok pertama merupakan kelompok yang lebih sering dibacakan cerita oleh kedua orang tuanya, sementara kelompok kedua merupakan kebalikannya. Hasilnya? Kosakata pemahaman si bayi pada kelompok pertama meningkat hingga mencapai 40%, sementara kelompok kedua atau kelompok non membaca hanya meningkat sebanyak 16%.

  1. Meningkatkan Keterampilan dalam Berkomunikasi

Tentu saja anak akan mudah dalam berkomunikasi jika memiliki perbendaharaan atau kosakata yang lebih banyak. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan diri yang mereka miliki karena mereka mempunyai kosakata yang banyak untuk menyusun kata dan kalimat. Susunan yang baik inilah yang semakin lama akan berpengaruh pada cara anak dalam berkomunikasi.

Memiliki Minat baca yang baik atau saat ayah dan bunda sering membacakan cerita sebaiknya dengan menggunakan volume suara yang nyaman dan jelas didengar oleh si anak (read aloud). Dengan metode ini, maka anda pun secara otomatis juga mengajarkan banyak keterampilan dalam berkomunikasi seperti bagaimana cara mendengarkan, cara membaca dan bercerita yang baik.

  1. Melatih Anak Berpikir Logis

Manfaat memiliki Minat baca yang baik bagi anak selanjutnya adalah anak dapat dilatih untuk selalu berpikir logis atau sesuai dengan akal sehat. Membaca dapat pula membantu kemampuan berpikir awal bagi mereka. Ketika kita sebagai orang tua membacakan sebuah buku cerita, maka anak akan belajar untuk memahami kaitan sebab akibat, belajar memahami logika dan berpikir secara abstrak.

Selain itu, biasanya anak akan belajar sebuah konsekuensi dari suatu tindakan dan mengetahui dasar yang benar dan salah. Biasakanlah anak untuk mengambil sebuah keputusan sendiri. Kemampuan untuk bernalar inilah yang sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Anak pun akan secara senang belajar karena mendengarkan cerita adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi mereka. (JPA/Ern)