12 Views

Tips Sederhana Meningkatkan Minat Baca Anak

Perkembangan zaman dan perkembangan teknologi berjalan beriringan. Orang-orang memanfaatkan ini dengan cerdas, namun, ada pula yang menjadikan ini sarana untuk bersenang-senang dan lupa bahwa belajar itu berlangsung seumur hidup. Jika tidak berhati-hati, perkembangan teknologi dan munculnya berbagai merek smartphone yang menawarkan fitur-fitur menggiurkan bisa membuat anak-anak kita semakin ogah membaca.

Anak dengan Minat Baca Tinggi

Buku  tampaknya semakin berkurang penggemarnya. Padahal, banyak membaca berarti menambah ilmu. Dalam hal ini, bacaan pun harus diseleksi, apalagi bagi anak-anak agar sesuai umur dan kebutuhannya. Tantangan yang kita hadapi sesungguhnya adalah bersaingnya Minat baca dengan Minat bermain games. Meski bermain games tidaklah buruk dan justru menghasilkan tambahan pendapatan, namun anak tidak seharusnya menghabiskan terlalu banyak waktu melakukannya.

Berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan sebagai orangtua untuk meningkatkan Minat baca anak.

Cara pertama, beri dahulu anak kita contoh. Kalau kita sendiri tidak suka membaca, bagaimana anak kita bisa meniru. Mereka cenderung melakukan seperti yang kita lakukan, karena setiap hari kitalah yang menjadi teladan. Kita sendiri harus terlebih dahulu menyadari pentingnya membaca dan kemudian menjadikan itu kebiasaan sehari-hari atau di saat senggang.

Ketika kita membiasakan diri membaca di rumah atau dimana saja saat ada kesempatan, anak kita akan melihat itu. Dia akan mengerti bahwa membaca itu tidak harus di rumah. Saat mengantre atau menunggu sesuatu bisa dijadikan kesempatan untuk menambah wawasan.

Cara kedua, kita mesti menyediakan bacaan yang sesuai dengan umur anak kita. Kita bisa berlangganan majalah yang pas dengan usianya. Selain itu juga bisa menyediakan serial buku yang membuatnya tertarik. Misalnya, serial buku yang banyak gambar dan banyak warna. Anak-anak cenderung menyukai warna-warna dan gambar-gambar.

Gunakan kesempatan ini untuk memperkenalkannya pada banyak buku untuk usianya. Lalu di rumah, aturlah buku, majalah atau Koran di rak atau tempat yang mudah mereka jangkau. Penataan yang rapi dan menarik juga akan menyulut minat mereka.

Sempatkan berjalan-jalan ke toko buku dan membahas buku yang menarik dengan anak

Kalau minggu ini Anda rencanakan berjalan-jalan ke mal, sempatkan mengunjungi toko buku yang ada di sana. Mal biasanya menyediakan toko buku lokal dan khusus impor. Berada di sana dan membiarkan anak melihat dan mendekati buku favorit mereka adalah langkah bijaksana. Lalu saat berhenti makan atau sambil lanjut berjalan-jalan, bahaslah buku yang menarik perhatiannya.

Tampaknya dua hal yang sederhana, namun jika dilakukan dengan rutin dan kemudian menjadi semacam hobi, kita dan anak kita akan semakin banyak lagi membaca buku. Alhasil, semakin bertambah pula pengetahuan, termasuk kosakata yang kita dan anak kita dapatkan.

Ini akan berpengaruh pada pola pikir serta kecerdasan anak. Memberi otak mereka asupan bacaan yang sedang dibutuhkan merangsang pola pikir yang terus berkembang dan luas. Ajak anak untuk ikut menyusun rapi buku-bukunya. Lalu di momen itu manfaatkan waktu yang ada untuk membahas jenis-jenis buku yang ia suka. Selamat mencoba. Tetap semangat dan terus belajar. (CW/Ern)