22 Views

Tularkan Virus Membaca pada Anak

b1
Sumber : http://duabedo.blogspot.com/2010/06/baca-buku-buka-dunia.html

Kenapa harus Tularkan Virus Membaca pada Anak?
Seringkali kita mendengar istilah “Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita dapat menjelajahi dunia”. Bila kita ibaratkan, dunia itu seperti sebuah buku, kalau kita baru melihat satu tempat saja di dunia ini, sama halnya seperti kita baru membaca satu halaman buku. Padahal betapa luasnya hamparan dunia ini dan begitu banyak tempat yang dapat kita kunjungi di dunia ini. Sangatlah disayangkan bila kita hanya mengunjungi satu tempat saja selama hidup kita di dunia, seperti halnya bila kita membaca hanya satu halaman buku, padahal begitu banyak pengetahuan, wawasan dan cakrawala pada halaman-halaman buku lainnya yang dapat kita peroleh dengan membaca.

Begitu besarnya manfaat membaca, oleh karena itu membaca sebaiknya dijadikan sebagai kebiasaan positif yang harus dipupuk sejak anak usia dini. Bila sejak kecil anak sudah terbiasa membaca, pada umumnya akan terbawa kebiasaan ini hingga mereka dewasa. Namun sayangnya masih banyak orang tua yang kurang peduli bahwa menumbuhkan minat baca sejak dini sangat penting dan besar manfaatnya. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa budaya membaca di rumah mulai surut dengan semakin sedikitnya orang tua yang mengajak anaknya untuk membaca. Hasil studi menunjukkan : orang tua dengan anak berusia <4 tahun : 60 % tidak pernah membacakan buku, 50 % tidak pernah mendongeng. Sedangkan orang tua yang memiliki anak usia < 1 tahun : 70 % tidak pernah mendongeng, 80 % tidak pernah membacakan buku.

Melihat fenomena diatas, jelas terlihat bahwa upaya orang tua dalam membimbing anaknya agar cinta membaca sangat minim. Bagaimana mungkin si anak memiliki minat baca bila mereka sendiri tidak pernah mendapatkan stimulasi dari lingkungan terdekatnya, yakni orang tua atau keluarga di rumah. Menurut Psikolog ternama Dr.Rose Mini AP,M.Psi, karakter yang terbentuk pada diri anak merupakan hasil dari pengamatan dan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Bila kita menginginkan perilaku anak kita suka membaca, langkah terbaik bagi orang tua adalah memberikan contoh sekaligus mendampingi anak-anak untuk belajar membaca. Peranan orang tualah yang mampu menciptakan budaya baca sejak dini.

Perbaiki Kebiasaan

b2
Sumber : http://2manythoughts4oneday.wordpress.com/2011/06/10/sepuluh-langkah-agar-anak-gemar-membaca/

Bila memang kita sudah terlanjur tidak suka membaca, sebaiknya sikap ini jangan diturunkan kepada anak. Jangan kita menyia-nyiakan waktu dengan melewatkan membaca sebagai salah satu kebiasaan positif yang dapat ditanamkan sejak anak usia dini. Hasil penelitian menyatakan bahwa anak yang suka membaca buku, bukan hanya sukses di sekolah tetapi akan sukses pula di tempat kerjanya kelak.

Mari, luangkan waktu sejenak untuk mengamati aktivitas harian anak kita. Apakah mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di depan TV, main game atau asyik berselancar di dunia maya. Bersyukurlah kita bila memiliki anak yang melakukan kegiatan membaca sebagai aktivitas hariannya, tetapi bagaimana dengan anak yang lebih sedikit atau tidak suka membaca? Tidak ada kata terlambat, asalkan kita memiliki niat dan tekad kuat, kita masih memiliki waktu untuk menularkan “virus membaca” pada anak-anak.

Beberapa tips dibawah ini, seperti diungkapkan dalam buku Ensiklopedia Indonesia, dapat membantu anak kita agar menjadi pembaca yang lebih efektif :

  • Sediakan waktu luang untuk membacakan buku untuk anak anda setiap hari

Penelitian mengungkapkan bahwa membacakan dengan suara lantang secara rutin kepada anak-anak akan menghasilkan perkembangan yang signifikan pada pemahaman membaca, kosa kata, dan pemenggalan kata. Baik anak anda dalam usia belum sekolah maupun yang sudah, hal itu akan membuat mereka berkeinginan untuk membaca dengan sendirinya.

  • Kelilingi anak-anak anda dengan berbagai buku bacaan

Anak-anak yang memiliki berbagai macam jenis bacaan di rumahnya mendapatkan nilai lebih tinggi pada standarisasi tes. Bujuklah anak anda untuk membaca dengan mengoleksi buku-buku bacaan yang menarik dan majalah yang sesuai dengan umur mereka. Letakkan buku bacaan di mobil, kamar mandi, tempat tidur, ruang keluarga, dan bahkan di ruang TV.

  • Buatlah waktu membaca bersama keluarga

Sediakan waktu setiap hari 15 sampai 30 menit untuk seluruh anggota keluarga membaca bersama-sama dengan tenang. Dengan melihat anda membaca akan membuat anak anda ikut membaca. Hanya dengan berlatih 15 menit setiap hari cukup untuk meningkatkan minat baca mereka.

  • Berikan dukungan pada berbagai aktivitas membaca mereka

Jadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan anak anda. Biarkan mereka membaca menu, rambu jalanan, petunjuk pada mainan, ramalan cuaca, acara TV, dan semua informasi praktis harian. Dan juga, pastikan mereka selalu memiliki bacaan untuk waktu luang mereka ketika sedang menunggu giliran saat pergi ke dokter, atau saat sedang di dalam mobil.

  • Biasakan pergi ke perpustakaan

Ajak anak anda agar lebih banyak membaca dengan membawa mereka pergi ke perpustakaan setiap beberapa minggu untuk mendapatkan buku bacaan yang baru. Perpustakaan biasanya menyediakan program membaca untuk anak-anak segala usia dan mengembangkan minat membaca mereka.

  • Ikuti terus perkembangan membaca anak anda

Cari tahu kemampuan membaca yang bagaimana untuk setiap level kelas. Kurikulum sekolah akan memberikan informasi tentang ini. Ikuti terus perkembangan mereka mendapatkan kemampuan dasar membaca melalui raport mereka.

  • Perlu diperhatikan oleh orang tua, apakah mereka ada kesulitan dalam membaca buku bacaannya

Para guru di sekolah tidak selalu mengetahui kesulitan atau masalah membaca pada anak-anak sampai mereka serius bermasalah. Cari tahu apakah anak anda dapat melafalkan kata-kata, mengetahui kata-kata yang dilihatnya, menggunakan susunan kalimat untuk mengidentifikasi kata-kata yang tidak diketahui, dan mengetahui se-penuhnya apa yang mereka baca.

  • Mencari pertolongan secepatnya jika ada masalah dalam membaca

Masalah dalam membaca tidak dapat hilang begitu saja seiring berlalunya waktu. Semakin cepat anak-anak mendapat bantuan, semakin cepat mereka menjadi pembaca yang baik. Pastikan anak anda mendapatkan bantuan dari guru-guru mereka, pembimbing, atau pusat pembelajaran secepatnya jika anda tahu anak anda mengalami masalah dalam membaca.

  • Pakailah cara yang bervariasi untuk membantu anak anda

Untuk membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membaca mereka, gunakan berbagai buku pedoman, program komputer, tape, dan materi-materi lain yang tersedia di toko. Permainan merupakan pilihan yang baik, karena cara ini akan dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka sambil bergembira.

  • Perlihatkan antusias anda saat anak membaca buku bacaannya

Reaksi anda memiliki pengaruh yang besar pada seberapa tinggi motivasi mereka untuk berusaha menjadi pembaca yang baik. Pastikan anda memberikan pujian yang tulus atas usaha keras mereka. Apabila perlu beri incentive kepada mereka sebagai hadiah dan pendorong atas aktivitas mereka dalam membaca. Sehingga upaya ini akan memberikan dorongan bagi anak untuk lebih gemar membaca dan mencintai buku-buku.

Referensi :

http://www.untukperempuan.com/home-and-family/tips-menanamkan-minat-baca-anak.html

http://blog.indonesiabercerita.org/agendaidcerita/edustory/menumbuhkan-minat-baca-anak-dengan-bercerita/

http://www.buku-ensiklopedia.com/menumbuhkan-minat-baca-sejak-dini/

http://id.she.yahoo.com/tips-meningkatakan-minat-baca-anak-012808682.html

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache