35 Views

Wisata Edukasi biMBA Kebon Jahe

Wisata Edukasi biMBA Kebon Jahe

Kali ini biMBA Kebon Jahe mengadakan wisata edukasi yang diikuti kurang lebih 120 keluarga besar biMBA, pukul 06.15 WIB mobil sudah melaju ke lokasi tempat tujuan  wisata edukasi yang berlokasi di Ocean Ecopark dan Seaworld, Taman Impian Jaya Ancol. Pada hari sabtu, 9 April 2016.

Tepat pukul 08.00 WIB pagi seluruh peserta telah sampai di lokasi tujuan, kira-kira kenapa ya wisata edukasi dilakukan di sini? Berikut penuturan Ibu Deasy selaku mitra dan KU biMBA Kebon Jahe, “Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan mengajarkan bagaimana profesi dari petani. Diharapkan seluruh peserta dapat memahami dan menghargai hasil karya orang lain, yaitu para petani,” Jelasnya.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Ocean Ecopark Ancol, di sanalah tepatnya  wisata edukasi “Learning Farm”. Kakak panitia menyambut para peserta dengan hangat dan mengarahkan kami menuju sebuah saung, guna mempersiapkan kegiatan wisata edukasi. Namun, sebelum kegiatan dimulai kami mengadakan sesi foto bersama terlebih dahulu.

Saat kegiatan peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok putra dan putri. Murid biMBA dikenalkan dan diajarkan bagaimana cara membuat kerajinan tangan, seperti membuat keramik dari tanah liat yang halus. Mereka sangat antusias sekali membuat kerajinan tangan tersebut, apalagi mereka bisa membuat pesawat terbang dan kura-kura, setelah selesai hasil karya mereka diberi nama dan kemudian dijemur sampai kering.

Selain itu murid biMBA dikenalkan dengan hewan kelinci, bebek, dan angsa. Mereka diajarkan bagaimana cara memberi makan kambing dan rusa, serta mengunjungi rumah lebah. Ada yang lebih seru lagi saat anak biMBA belajar bercocok tanam jagung dan padi, membajak sawah dengan kerbau, Wah, mereka terlihat sangat gembira bisa berinteraksi langsung hewan-hewan dan bisa naik bajak yang ditarik kerbau.

Wali murid yang menyaksikan kegiatan ini mengaku sangat senang sekali. Seperti ungkapan Ibu Tiur Meriati Harianja, orangtua murid dari ananda Glenn. “Saya sangat senang, anak saya bisa mengikuti kegiatan wisata edukasi ini. Di mana anak-anak bisa langsung berinteraksi mengenal hewan-hewan, serunya menjadi petani, sehingga diharapkan anak bisa menghargai hasil karya orang lain juga jerih payah dari para petani.”

Tidak terasa waktu berjalan cepat, murid biMBA mulai membersihkan tubuh, istirahat dan makan siang bersama di saung. Kakak panitia melakukan evaluasi mengenai kegiatan yang baru saja dilakukan. Wah ternyata kegiatan belum berakhir, murid biMBA akan belajar mengenai biota laut di Seaworld.

Di dunia laut murid biMBA bisa belajar jenis-jenis hewan laut seperti ikan dugong, hiu buton, ikan pari, penyu dan lain sebagainya. Mereka juga menyaksikan atraksi para penyelam memberikan makan ikan-ikan (feeding animal). Selain itu mereka diajak menuju ke Museum Ikan, disana banyak sekali biota laut yang sudah diawetkan. Kegiatan di Seaworld berakhir pukul 4 sore dan artinya semua peserta harus bersiap untuk pulang. Kegiatan wisata edukasi ini sangat menyenangkan, meskipun cukup jauh namun semua peserta tetap antusias dan semangat selama kegiatan berlangsung. (biMBA Kebon Jahe/Ern)

Berkumpul di Saung
Berkumpul di Saung
Membuat Kerajinan Tangan
Membuat Kerajinan Tangan
Edukasi sebagai Petani
Edukasi sebagai Petani
Sensasi Membajak Sawah dengan Kerbau
Sensasi Membajak Sawah dengan Kerbau
Wisata Edukasi Biota Laut di Sea world
Wisata Edukasi Biota Laut di Sea world