6 Views

World Water Day

air5

Apakah World Water Day?

Halo teman-teman. Kali ini kita akan membahas mengenai “Hari Air Sedunia” atau sering disebut sebagai “World Water Day”. Sudahkah teman-teman mengetahui apakah Hari Air Sedunia? Sebelumnya yuk kita cari tahu terlebih dahulu apakah Hari Air Sedunia itu.

Hari Air Sedunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret setiap tahunnya diseluruh dunia termasuk Indonesia. Hari air sedunia ini sudah dari tahun 1993 dirayakan.  Nah hari Air Sedunia ini mempunyai logo dan tema yang berbeda setiap tahunnya, untuk tahun 2014 ini bertemakan “Air dan Energi”.

Water and Energi atau Air dan Energi dipilih menjadi tema peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2014 dengan mempertimbangkan hubungan yang erat antara air dan energi. Bahkan air dan energi mempunyai saling ketergantungan. Dimana air dibutuhkan untuk menghasilkan hampir semua bentuk energi. Dan di lain sisi, energi dibutuhkan pada semua tahapan pengelolaan air baik dari mulai proses pengambilan air dari sumbernya, pengolahan air, hingga penyaluran air.

Dengan adanya hari air sedunia ini kita akan lebih menyadari pentingnya air bagi kehidupan kita sehari-hari. Teman-teman pasti sudah tahu pentingnya air bagi kehidupan kita, contohnya seperti untuk minum, memasak, mandi, irigasi dll. Bahkan air juga sangat diperlukan bagi hewan dan tumbuhan.  Namun di permukaan bumi ini, air juga ibarat mempunyai dua sisi yang saling berlawanan, jika tadi teman-teman mengetahui tentang manfaat air, kali ini air juga dapat menyebabkan kerugian apabila tidak dijaga dan dimanfaatkan dengan baik contohnya kekeringan, luapan air banjir, bahkan terjangan tsunami.

Coba teman-teman bayangkan apabila di dunia ini tidak ada air atau bayangkan apabila sudah tidak ada lagi air bersih untuk kita pakai? Tentunya tidak akan ada kehidupan di bumi kita.

Nah mengingat pentingnya air tersebut, sudahkah kita memanfaatkan air dengan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari? Karena walaupun Indonesia menduduki posisi ke-4 dari negara Brazil, Canada, dan amerika sebagai negara yang mempunyai potensi sumber daya air yang sangat besar, kita harus dengan bijak memakai air.

Dalam rangka hari air sedunia ini, teman-teman juga bisa ikut merayakan dengan cara menjaga kelestarian air untuk masa yang akan datang, misalnya dengan melakukan penghematan pemakaian air di rumah, tidak mengotori air dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai membuang sampah ke sungai. Dengan melakukan kegiatan tersebut, kita sudah ikut serta dalam melestarikan air.

Yuk tunggu apalagi teman-teman, kita mulai menjaga dan melestarikan air!(Widya)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache