36 Views

Yuk, Biasakan Anak Membaca Buku

membaca

Anak yang memiliki Minat baca tentu saja sudah terbiasa dengan aktivitas membaca setiap harinya. Baginya, membaca bukan hanya sekadar kebiasaan, tetapi juga kebutuhan, sehingga anak selalu kehausan dengan ilmu pengetahuan dan tidak pernah puas untuk terus belajar.

Kebiasaan membaca bisa dimulai dari hal-hal yang kecil, bisa diawali dengan mengajak anak bercerita tentang apa saja yang didengar dan dibacanya dengan cara-cara yang kreatif. Melalui cara itu anak dapat menjadi lebih akrab dengan bahasa dan tutur kata karena kualitas komunikasi sangat dibutuhkan dalam proses menumbuhkan Minat baca sang anak.

Hal kecil lainnya kita bisa menjadikan perpustakaan sebagai tempat singgah yang menyenangkan bagi anak, berikan kepercayaan pada anak untuk memilih sendiri buku yang disukainya, berikan kesan pada anak bahwa perpustakaan adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar. Hindari memaksa anak membaca jenis buku yang tidak disukainya. Jika memungkinkan, buatlah perpustakaan kecil di rumah, kumpulkan buku dalam satu lemari yang mudah dijangkau sang anak.

Kita juga harus membatasi kebiasaan anak dalam menonton televisi dan bermain video game, seringkali gambar yang ada pada keduanya tidak layak untuk dikonsumsi anak. Saat inilah peran orangtua dibutuhkan untuk mengarahkan anak ke hal yang lebih positif, membaca buku misalnya.

Hal lainnya yang mudah kita lakukan adalah memberikan pujian atau penghargaan kepada anak, berikan kata-kata yang positif yang akan membangun rasa percaya diri anak dalam membaca. Salah satunya kita lakukan dengan menjadikan buku sebagai hadiah atau penghargaan untuk anak. (Ern)