188 Views

Yuk Kita Bangun Karakter Positif Anak

Karakter Positif
[family.fimela.com]
Taburlah satu pikiran positif, maka akan menuai tindakan.
Taburlah satu tindakan, maka akan menuai kebiasaan.
Taburlah satu kebiasaan, maka akan menuai karakter.
Taburlah satu karakter, maka akan menuai nasib.
(Anonim)

Masa keemasan adalah masa terbaik bagi anak dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak akan pernah terulang lagi. Perkembangan anak berlangsung sangat cepat dan akan menjadi penentu karakter anak di masa dewasa. Di usia keemasan anak mereka sangat cepat menyerap hal apapun yang didengar dan dilihat, tetapi mereka tidak paham apakah benar atau salah hal tersebut.

Ayah bunda merupakan pendidik utama yang memiliki peran sangat penting, apabila masa ini gagal dimanfaatkan dengan baik itu artinya kita menyia-nyiakan kesempatan keemasan tersebut. Pembentukan karakter akan lebih mudah dibentuk saat anak usia dini, yakni usia 0-6 tahun.

Bimbingan orangtua pada anak usia dini sangat menentukan kesuksesan anak dalam kehidupan sosialnya kelak. Anak akan tampil sebagai anak yang senang belajar, terampil menyelesaikan masalah, berkomunikasi dengan baik, dan dapat diandalkan. Semua itu tergantung dari proses bimbingan orangtua kepada anak mereka.

Pada awalnya anak akan meniru perilaku orangtua, sebab mereka adalah orang pertama yang dekat dan dikagumi oleh anak. Maka itu sejak dini berilah contoh yang baik pada anak, karena perilaku orangtua baik atau buruk akan diikuti oleh anak, apalagi anak usia dini sangat cepat dalam meniru. Selain itu, lingkungan di sekitar juga berpengaruh dalam pembentukan karakter anak. Ibarat pepatah yang mengatakan ‘buat jatuh tidak jauh dari pohonnya’.

Ayah bunda, begitu pentingnya menanamkan karakter positif kepada anak sejak usia dini. Marilah kita bangun karakter positif dalam kehidupan sehari-hari agar anak bisa melihat langsung contoh yang baik, bukan sekadar mendengarkan kata-kata saja, tapi juga tindakan atau kebiasaan sehari-hari (ern)

 

 

Tinggalkan Balasan