14 Views

Yuk Kita Tumbuhkan Minat Anak Sejak Dini

minat anak

Apakah menumbuhkan minat anak bisa dilakukan sejak anak masih usia dini? Jawabannya adalah bisa. Sangat penting menumbuhkan minat anak sejak dini karena anak pada usia dini memiliki potensi yang sangat besar, kapasitas otak anak pada usia 6 bulan ke atas sudah mencapai 50 persen dari keseluruhan potensi orang dewasa. Otak seorang anak sangat luar biasa, pada masa ini anak mengalami perkembangan intelektual otak yang sangat cepat.

Apabila orangtua menyia-nyiakan kesempatan golden age pada masa kanak-kanak, berarti mereka telah kehilangan satu momen yang sangat baik untuk landasan bagi pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan orangtua terhadap anak akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak. Anak yang memiliki minat tertentu jika tidak dimotivasi maka anak tidak akan mampu memelihara apalagi menumbuhkan minatnya.

Seorang anak yang memiliki minat lebih mudah dikenali.Ia berbeda biasanya memiliki ciri-ciri seperti rasa ingin tahu yang besar, aktif, suka bertanya, selalu ingin meneliti sesuatu, cenderung mencari jawaban yang memuaskan, serta mempunyai daya imajinasi yang tinggi mengenai suatu hal yang disukainya.

Apabila ayah bunda mampu menggali minat anak sejak dini, tentu kelak kita akan merasa potensinya semakin berkembang.Dengan mengenali minat anak, cara komunikasi kita dengan anak akan menjadi berbeda, sehingga cara pandang  anak terhadap kehidupan juga akan berbeda dan anak akan menikmati hari-hari yang indah.

Berikut ini beberapa hal yang untuk mengetahui minat anak sejak dini:

1.      Melihat apa yang anak sukai

Seorang anak sering kali melakukan suatu hal yang mereka sukai secara berulang-ulang. Misalnya saja bernyanyi, menggambar, menari, membaca, menulis dan lain-lain. Dari sini orangtua bisa menilai mana yang kira-kira adalah minat atau paling disukai anak.

2.      Berbicara dan mendengarkan

Ayah bunda bisa melakukan komunikasi dua arah kepada anak. Bisa bertanya tentang apa yang anak senangi atau impiannya, biasanya anak akan mengatakan berbagai hal tentang hobinya atau keinginannya ketika sudah besar. Selain itu, kita juga perlu mendengarkan keingian anak tersebut dan memotivasi anak.

3.      Kerjasama dengan guru

Orangtua dapat bekerjasama dengan guru, terlebih untuk orangtua yang sibuk bekerja. Guru juga dapat memberitahukan kegiatan yang sering anak lakukan di sekolah, terkadang guru di sekolah lebih cermat dan dapat membantu kita melihat minat anak.

4.      Melihat ketertarikan anak

Kita dapat melihat anak ketika sedang mengamati atau melihat suatu hal. Biasanya anak akan tertarik tentang suatu hal yang unik dan dia sukai kemudian menghabiskan waktu yang lama untuk memperhatikan hal tersebut, itu adalah tanda bahwa anak suka terhadap suatu hal.

5.      Fokus pada kelebihan

Saat anak lemah di matematika tetapi menonjol di pelajaran menggambar maka fokuskan pada bidang yang menonjol tersebut. Daripada kita sibuk memaksakan anak untuk memperbaiki nilai di bidang yang tidak dikuasai anak, sebaiknya biarkan anak untuk fokus dibidang yang dia sukai.

Nah, apabila kita sudah mengetahui apa minat anak … yuk kita bimbing anak-anak kita untuk menumbuhkan minat anak sejak dini, karena jika minat anak sudah tumbuh maka itu akan menjadi fondasinya hingga dewasa nanti. Anak akan menjalani hari-hari lebih optimis dan bahagia sehingga dampaknya anak akan sukses dimasa yang akan datang. (ern)

Bimbingan Minat Belajar dan Minat Baca Anak Usia Dini Indonesia is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache