44 Views

Yuk, Membaca Bersama Anak

Membaca Bersama Anak

Anak yang suka membaca adalah keinginan setiap orangtua. Betapa indahnya jika kita bisa membaca bersama anak, mengajari banyak hal kepada mereka, apalagi di saat anak sudah memiliki Minat yang baik terhadap buku bacaan. Tanpa harus memaksa, tanpa harus mengeluarkan banyak energi untuk menyuruh anak membaca, namun sebaliknya anak yang berperan aktif minta dibelikan buku bacaan.

Wah asik bukan jika anak memiliki Minat baca, sebagai orangtua tentu saja kita perlu melakukan persiapan untuk menumbuhkan Minat baca pada anak. Hal yang harus dipersiapkan adalah pengembangan mental dan karakter anak, menyiapkan kondisi rumah yang kondusif, menciptakan budaya membaca, serta melibatkan emosi atau rasa senang dalam proses menumbuhkan Minat baca anak.

Banyak sekali pro dan kontra bahwa anak usia dini tidak boleh belajar membaca, anak hanya boleh bermain saja. Sebenarnya anak yang dididik membaca sejak usia dini sangat mempengaruhi kemampuan anak di masa depan. Seorang peneliti bernama Dolores Durkin mendalami masalah ini pada tahun 1958-1964 mengatakan, “Anak yang memiliki Minat baca sejak dini bisa mengungguli kemampuan membaca anak yang terlambat sampai ke tingkat SMP.”

Minat baca tidak berhubungan dengan IQ, namun sangat berhubungan dengan suasana rumah dan lingkungan tempat ia tinggal. Anak yang memiliki Minat baca sejak dini ternyata memiliki orangtua yang mau menyempatkan waktu untuk kegiatan membaca bersama anaknya, itulah hasil dari perhatian dan usaha ekstra dalam membantu anak meningkatkan Minat baca dengan cara yang menyenangkan.

Yuk, kita libatkan anak membaca bersama-sama sejak dini, agar anak memiliki Minat membaca yang tinggi. (Ern)