70 Views

Yuk Tingkatkan Motivasi Minat Baca

Saat Minat baca rendah kita tidak bisa mengetahui dan mengikuti  perkembangan sehingga berdampak pada ketertinggalan bangsa.  Seperti diketahui bersama bahwa membaca dapat membuka jendela dunia, kita bisa melihat sisi-sisi apa saja yang ada dibalik jendela tersebut, sehingga cara berpikir orang yang memiliki Minat baca akan maju dan dapat mempengaruhi kualitas suatu bangsa. minat baca

Berdasarkan survey UNESCO, Minat baca masyarakat Indonesia berada pada urutan 38 dari 39 negara yang paling rendah di kawasan ASEAN. Jadi salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kemajuan bangsa Indonesia dapat dimulai dari satu hal, yakni MEMBACA.

Kini membaca tidak hanya identik dengan buku saja, tetapi juga media elektronik dan internet. Semakin mudahnya media seharusnya kita bisa mendapatkan banyak informasi yang bisa meningkatkan Minat baca. Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan Minat baca agar senantiasa termotivasi, kita selalu senang membaca dan ketagihan membaca:

Membangun Minat Baca

Meningkatkan Minat baca harus dimulai dengan memahami pentingnya membaca. Bagi anak usia dini, bisa diperkenalkan huruf-huruf dengan cara verbal dan simbol terlebih dahulu dan yang penting kita harus menggunakan metode yang bisa membuat anak senang membaca. Yakni metode fun learning, small step system, dan individual system. Agar Minat membaca meningkat maka dorongan dari diri sendiri harus kuat. Tumbuhkanlah Minat secara intrinsik terlebih dahulu tanpa memaksanya belajar membaca.

Memberi waktu dan tempat yang nyaman

Seringkali kita malas membaca karena waktunya kurang tepat. Setiap orang memiliki waktu dan tempat sendiri yang membuatnya nyaman, ada yang suka membaca ketika jam pelajaran kosong, ketika di perpustakaan, di dalam perjalanan, menunggu teman, bahkan sebelum tidur. Pakailah waktu-waktu kosong tersebut untuk membaca.

Terapkanlah setiap harinya untuk membaca 10-15 menit, dengan sering mengulang maka itu bisa menjadi kebiasaan baik. Bila kita konsisten membaca setiap hari lama-lama bahan bacaan kita semakin banyak dan tentu saja ilmu pengetahuan yang kita miliki semakin berkembang.

Menumbuhkan rasa ingin tahu

Ketika rasa ingin tahu besar, kita akan mencari tahu jawaban atas rasa penasaran yang dimiliki. Biasanya rasa ingin tahu sangat efektif untuk menggerakkan diri melakukan sesuatu. Sama seperti halnya membaca.

Membaca sesuatu yang kita sukai

Kesalahan terbesar seseorang dalam membiasakan membaca adalah bacaan yang berat dan membosankan, padahal banyak sekali jenis bacaan dengan karakteristik yang beragam. Kita bisa memulai dengan membaca bacaan yang sederhana terlebih dahulu dan sesuaikan dengan Minat baca kita agar niat untuk membaca bukan hanya berasal dari pikiran tetapi juga dari hati.

Kunjungi perpustakaan atau toko buku

Korbankanlah uang kita untuk membeli buku yang berkualitas atau bisa meminjamnya di perpustakaan yang ada di daerah sekitar, begitu banyak jenis buku yang bisa kita baca dengan karakter yang berbeda-beda pula. Namun apabila kita tidak ada waktu untuk pergi, kita bisa menggunakan media elektronik lewat gadget masing-masing. Hal itu semata-mata untuk menjaga motivasi Minat baca. Selamat membaca, tetap semangat dan terus belajar. (Ern)